pioneer-xdj-r1-693336

Review Pioneer XDJ R-1

Artikel ini juga dimuat di VirKillstore virkillstore review

Saya membeli seperangkat XDJ-R1 di pertengahan November 2014.  Berikut penampakannya:

Meskipun sudah dua tahun cukup familiar dengan banyak peralatan midi controller dan DJ equipment, saya masih harus googling dulu ketika pertama kali teman menawarkan pioneer seri XDJ. Selama ini kita hanya mengenal dekat dua alternatif yakni DJ controller yang pada dasarnya adalah midi device untuk mengontrol DJ software disisi lain ada analog player seperti turntable atau CDJ yang memainkan sumber suara langsung dari media fisik seperti vynil atau CD. Ada juga analog yang dapat langsun gmemainkan mp3 dari usb stick seperti Stanton SCS.4DJ namun penggunaannya bisa dibilang kurang populer dan kurang leluasa. XDJ R1 adalah seri hybrid yang menggabungkan kemampuan untuk memutar media analog sekaligus sebagai DJ controller. Mempelajari fiturnya yang amazing darii segi keguaan mobile DJ, saya memutuskan membelinya.

Kesan pertama? This is a beast. Terbiasa menggunakan dan mencoba banyak DJ controller membuat saya secara bias ikut membandingkannya dengan DJ controller. Padahal, XDJ adalah monster tersendiri. Sebuah unit all in one yang tidak tergantung pada komputer untuk bisa dimainkan, sebuah perangkat DJ secara utuh on it’s own.

1. Fisik

Bodinya berat dan terkesan sangat professional. Meskipun hampir seluruh permukaannya adalah plastik, XDJ-R1 berasa cukup kokoh. Walaupun dengan proporsi seperti itu kebayang jika jatuh dari ketinggian setengah meter saja, pasti ada kerusakan signifikan. LED display di masing masing deck terlihat mencolok dan langsung membedakannya dengan DJ controller kebanyakan walaupun berada di price range yang relatif sama (belasan juta, dibanding perangkat CDJ yang puluhan juta). Luas penampangnya relatif kecil untuk masuk kategori mobile walau semua terasa ‘well placed’ dan tidak terkesan sempit. Tingginya cukup mencolok karena harus memuat dua CD player. Knob dan tombol cukup solid, dan jogwheel terkesan minimalis dibanding serial high end CDJ mereka.

2. Fungsi Media Player

XDJ – R1 mampu memutar CD Audio, mp3, serta wav. Dengan loading yang cukup cepat, fitur ini dijalankan tanpa masalah. Prosesor analognya bisa dibilang sangat bagus, terbukti ketika kita melakukan scratching, terasa sangat analog dan resolusi suara yang bagus. Dengan ini, club DJ yang familiar dengan seperangkat CDJ bisa dengan cepat membiasakan diri dengan alat ini.

Kita juga bisa menggunakan mp3 langsung dari usb flash drive, meskipun untuk dapat memanfaatkan fiturnya secara optimal, kita perlu menganalisa dan menyiapkannya terlebih dahulu lewat Recordbox. Software managemen lagu untuk perangkat pioneer yang bisa diunduh secara gratis. Dengan menggunakan recordbox terlebih dahulu kita bisa memanfaatkan fitur beat sync, dan melakukan browsing lagu secara lebih leluasa menggunakan genre, bpm, artis, dan masih banyak lagi.

3. USB dan Recordbox

Ada perbedaan mendasar dari DJ konvensional yang mengoleksi banyak CD dan memainkan lagu dari koleksi CD mereka lewat perangkat CDJ yang umum berada di club dan festival, dengan DJ yang menggunakan DJ software seperti serato dan traktor. Salah satunya yakni kemudahan DJ software dalam mengorganize lagu dibanding mereka yang menggunakan CD. Sejak banyak high end CD player mensupport media USB stick dalam perangkat mereka, Pioneer mengembangkan software Recordbox untuk mengorganize lagu dan playlist dan disesuaikan dengan perangkat mereka. Dengan ini, club DJ yang biasa mengandalkan CDJ yang sudah ada di venue cukup membawa usb stick yang didalamnya terdapat file file mp3 yang terlebih dahulu dianalisa dengan recordbox. Walaupun terus berkembang, tidak semua perangkat keluaran pioneer compatibel dengan Recordbox. XDJ R1 adalah salah satunya.

4. Koneksi dengan Ipad/iphone/ipod touch

Salah satu ‘magic’ dari XDJ-R1 adalah kemampuannya dikontrol oleh smartphone lewat wifi. Berbeda dengan XDJ aero yang memungkinkan lagu lagu dari iphone/ipad/ipod touch di mainkan melalui XDJ aero, pada XDJ r1 berfungsi sebagai extended controller. Tidak semua orang merasa cukup dengan layar LED bawaan CDJ r1 yang relatif kecil, dengan menghubungkannya dengan smartphone, kita bisa lebih leluasa memilih lagu, dan menggabungkan dua efek secara simultan, membuat layar smartphone sebagai XY layaknya XY pad.

Pertama tama kita perlu mendownload aplikasi gratis di apple store bernama remotebox. Lalu dengan menekan tombol pemancar wifi yang ada di bagian tengah mixer XDJ-R1. Kita bisa menghubungkan keduanya. Cukup mudah.

5. Sebagai midi controller

Dibanding alternatif penggunaan lainnya, fungsi midi controller terasa agak crippled. XDJ – R1 terkesan sebagai analog DJ yang memiliki midi functionality sebagai tambahan dibanding sebaliknya.  Meskipun diatas kertas XDJ R1 bisa digunakan ke semua software DJ, hanya traktor yang cukup terasa natural digunakan. Tidak ditemukan kompatibilitas dengan serato, dan bahkan jogwheel terasa tidak nyaman digunakan. Jika anda biasa menggunakan scratching dalam DJ routine, you will hate it. Suara yang dihasilkan terasa sangat digital dan artificial ketika dilakukan scratching. Dibanding controller lainnya, jogwheel XDJ-R1 tidak merespon bagus terhadap traktor. Cara setting sehingga bisa digunakan dengan software DJ pun kurang intuitif.

Verdict

XDJ R1 adalah all in one DJ equipment enough to get the jobs done. Invetasi yang bagus dan cukup murah bagi club owner atau small lounge venue yang ingin memiliki DJ set tanpa perlu investasi CDJ yang bisa mencapai puluhan juta. XDJ dibandrol di kisaran 12jt. XDJ R1 bisa mengakomodir banyak guest DJ, baik yang terbiasa membawa koleksi CD, USB atau menghubungkannya dengan laptop.

Yang kedua, XDJ R1 adalah investasi yang cocok buat mobile DJ yang sering kali perlu membawa equipmen sendiri. Pilihan media yang banyak membuat DJ merasa aman apabila salah satu media gagal beroperasi (the worst DJ nightmare) masih ada alternatif agar musik tetap menyala. Portabilitas serta professional look membuatnya sebagai pilihan tepat bagi event DJ.

XDJ-R1 kurang cocok buat technical DJ. Mereka yang banyak melakukan scratching, cue point jugling dan fitur fitur detail lainnya, maka XDJ R1 akan terasa basic.

However 8.5/10 would buy! Highly recomended.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s