The Amazing Mefferts 4×4

 

Seperti yang sudah dibahas di postingan ini dimana Erik memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri untuk kategori speed 4×4, postingan kali ini akan fokus pada Senjata yang digunakannya yakni Mefferts 4×4.  Meffert’s 4×4 secara resmi disebut sebagai Master Cube . (4×4 Keluaran Rubiks disebut sebagai Rubiks Revenge). 4x4x4 Model ini memiliki struktur mekanis yang berbeda dengan keluaran Rubiks maupun Eastsheen. Hal ini menyebabkan Meffert’s 4×4 berdimensi sedikit lebih besar dari Eastheen dan hampir sama dengan Rubiks Revenge. Kelebihannya terletak pada cutting corner dan anti popped. 

 

Mefferts 4x4
Meffert's 4x4

 

Berikut adalah testimonial dari Sagar laud (Seorang WCA member) yang membandingkan Eastheen 4×4 dengan Mefferts:

pro’s of the mefferts:
corner cutting on outer layers
glides nicely after some breaking in 
color recognition is very nice
much larger than an eastsheen so easier turning

cons of the mefferts:
tiles can be annoying even though they look very nice
centers can snap (as mentioned above)
inner layers don’t cut corners (but what cube does?)

pros of the eastsheen:
fast out of the box
glides nice
good for people with smaller hands
nice if broken in for say 7-8 months

cons of the eastsheen:
too small if you have bigger hands
LOCKS LIKE MAD!!!
centers can fall out and be lost
no corner cutting capabilites whatsoever (until broken in and even then not always)
can snap if forced

Dari sekian testimonial para International cuber banyak yang menganggap Meffert’s 4x4x4 sebanding dengan Rubiks 4x4x4 versi lama (pretooled) bahkan ada yg mengklaim ini sebagai 4x4x4 versi v-cubes. Bagi yang belum mengetahui sejarah Rubiks Revenge,  Rubiks memodifikasi struktur mekanisme bola core pada produk 4x4x4 lama merkeka dengan tujuan untuk mengurangi kemungkinan pop namun hal ini justru memperparah kemampuan cutting corner dan keretanannya terhadap lockup.  Rubiks 4×4 yang sekarang beredar dikenal sebagai ‘retooled version’.  Rubiks 4×4 memiliki ukuran dan desain yang keren namun perlu treatment (lubrikasi, sanding, dll) sedemikian rupa untuk siap dipake sebagai speedcube.

 

Berdasarkan Polling di Speedsolving.com 80% dari 100 responden mengklaim Meffert’s lebih baik dari Eastheen 4×4. Erik Akkersdijk, pemegang rekor dunia untuk speed 4×4 berkali kali melontarkan pujiannya terhadap Meffert’s 4×4 miliknya. Disebutkan oleh beberapa pihak, meffert’s perlu waktu 1-2 minggu sampai mendapatkan kondisi idealnya. berbeda dengan Eastsheen yang langsung smooth semenjak dikeluarkan dari kemasannya. Terakhir, berikut ulasan review dari Youtube:

5 pemikiran pada “The Amazing Mefferts 4×4

  1. master virkill, berdasarkan informasi diatas, sy ingin menanyakan rubik 4x4x4 model lama (pretooled) itu diproduksi dari tahun berapa?trus terakhir produksi thn brp? sy ingin cari tahu info cube ini. pengen beli, mungkin msh ada yg nyimpen?

    kl 5x5x5 by rubik’s juga ada versi pretooled and retooled??

    thanks ya sebelumnya

  2. Kebetulan belum dapat info mengenai hal itu. Tapi core dan part dari rubiks pretooled saat ini dijual oleh cubesmith. Jadi kalau ingin merangkai sendiri masih bisa. Rubiks 5x5x5 tidak ada versi retooled dan pretooled. Untuk 5x5x5 tidak ada perbedaan kualitas yang mencolok antara eastsheen 5×5, v-cube 5,d an rubiks professor. Masing2 memiliki keunggulan dan kelemahan masing2.

  3. Thanks bro, atas penjelasannya, td manpir ke cubesmith, liat bagian part, alhasil utk core 4x4x4 baik old or new semua OUT of STOCK.

    aku punya 5x5x5 merek rubik’s, tp kok lama2 bentuknya jg nga karuan ya, agak miring2, alias nga berbentuk kotak lagi, apa emang begitu?kl uda lama dimainin.(kira2 6 bulan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s