Deddy Corbuzier vs Abel Brata : Menggelikan.

Berbeda dengan sulap yang secara langsung ataupun tidak, pesulap mengedukasi publik bahwa ada trick dibaliknya.  Mentalis menggembar gemborkan dia bisa melakukan susuatu dan sebisa mungkin menghindari anggapan bahwa ada trik/rahasua disitu. Murni dengan kekuatan pikiran. Singkatnya: Dia berbohong untuk menghibur orang. Dengan memanipulasi pikiran publik melalui kata kata, media, dan apa saja, lama lama tentu saja menimbulkan pertanyaan : Sampai batas mana, kebohongan itu secara etis bisa dilakukan? Baik untuk alasan hiburan, reputasi, dll. Pada akhirnya, dimana letak etika dari seorang mentalis? Seolah mentalisme menjelma menjadi sebuah kasta sendiri diatas pesulap. Sementara pesulap justru unggul dari segi moral karena menghibur TANPA MEMBODOHI.

Abel
Abel

Kita lihat pertarungan menggelikan berjudul The Master.  Sang ‘Master’ melawan Abel Brata, mengalahkannya dengan aturannya sendiri yang ia akui sebagai aturan Internasional. Aturan internasional…dibuat sedemikian rupa sehingga hampir tidak memungkinkan bagi seseorang untuk berbuat curang. Deddy Corbuzier melakukan pembodohan publik dengan menyatakan ia melawan Abel dengan aturan Internasional yang dalam banyak bidang jelas jelas telah ia langgar.

Dalam tulisan ini saya tidak  menuduh dan mengatakan deddy berbuat curang. Saya hanya mengatakan bahwa Deddy TIDAK MENGIKUTI ATURAN INTERNASIONAL dalam pertandingan Blindfold solving seperti yang ia gembar gemborkan dalam acara tersebut.

 

1. Dalam regulasi resmi internasional, seseorang cuber menggunakan rubiknya sendiri yang terlebih dahulu dipastikan keabsahannya sebagai sebuah rubik yang tidak direkayasa oleh juri independen. Dalam acara tadi, dua duanya berasal dan di acak oleh panitia (orangnya dedy) dengan skema warna barat (white opposite yellow), Sementara jika kita lihat dalam cuplikan sebelumnya ABEL Brata menggunakan Japanese Color Scheme(White opposite Blue). Perbedaan skema warna ini sangat fatal, terlebih, ini blindfolded dimana orang menghafalkan warna…. Dan lagi, software computer yang seharusnya digunakan untuk mengacak adalahCube Explorer sementara dalam acara tersebut, yang tertampang di laptop adalah sebuah game simulasi rubik (bukan scrambler atau timer).

2. Regulasi Internasional mengharuskan juri harus menaruh selembar kertas diantara muka solver dan cube. Minimal menaruhnya dalam waktu random. Yang dalam acara the Master sama sekali tidak dilakukan, dan memungkinkan salah satunya ngintip dari balik blindfold (penutup mata). Jika kamu ragu, pakailah penutup mata seperti itu, dan kamu akan kaget betapa sesungguhnya ngintip itu mudah. Oiya regulasi ini diperketat sejak ada seseorang yang ketahuan curang dalam kompetisi dunia (if you’re a cuber, you know who it was)

3. Regulasi resmi Internasional mengitung waktu keseluruhan dengan cara memulai timer sejak cuber diperkenankan melihat cube dan diakhiri pada saat cuber selesai melakukan solve dan membuka penutup matanya sendiri. DAlam acara tersebut, sepanjang waktu Abel direcokin oleh cewek disampingnya yang selalu maksain Abel pake penutup mata. Dan seperti kita lihat, timer berjalan seenaknya sendiri. Oiya, timer yang seharusnya digunakan adalah ‘stackmat timer’.

Metode yang dilakukan Abel
Metode blindfold solving yang dilakukan abel adalah murni metode blindfolded yang dilakukan cuber dunia, yakni “3 cycle OP”. Anda bisa mempelajarinya dari situs Http://www.cubefreak.net. Selain itu masih ada metode lain seperti ‘classic pochmman’ (digunakan hermansyah), dan M2 ( saya gunakan).

 

 

Rubiks Remember
Rubiks Remember

 

 

Trik Dedy Corbuzier yang dilakukan (anda yang menilai sendiri kebenarannya)
Trik sulap berjudul Rubiks Remember oleh Mark Elsdon (dijual dalam bentuk DVD) Informasi orang dalam mengatakan Deddy memang mempelajari DVD ini. 
Link : http://www.trickshopmagic.com/dvdrubikremembered.html
Demo di Youtube (persis seperti dedy) : http://www.youtube.com/watch?v=9_6Fi…eature=Deddyrelated
Dan ini yang menarik:
Diskusi tentang trik sulap ini oleh para PESULAP
http://www.themagiccafe.com/forums/v…8&forum=109&37
Diskusi tentang trik sulap ini oleh para SPEEDCUBER
http://www.speedsolving.com/forum/showthread.php?t=8240

Kita lihat cuplikan dari apa yang dikatakan oleh seorang pesulap senior Richard Osterlin  tentang hal ini:

Please, let’s clarify what we are talking about here, gentlemen. 

Solving the Rubik’s Cube after it has been mixed by memorizing the position of the colors and then doing it blindfolded or behind your back is a legitimate ability that shows great skill, but is not magic or mentalism. 

The plot of being blindfolded FIRST, next having the cube mixed so that you cannot see it and then solving it using your powers is a mentalism plot. Even the best Rubik’s Cube expert cannot do this without using our secret tactics. 

I first referenced doing the above effect in my Blindfold Book (Jeff Busby Magic) on page 13, published in 1987, but I had already been doing it for years every since the cube first made its appearence. 

Richard 


Sementara ini yang dikatakan oleh seorang speedcuber:

It gives you a crappy beginner’s method and tells you how to peek through the small gaps around his nose.

Not only is it easily possible to perform a legit BLD solve in under two minutes, but his “trick” can be done in seconds, since it’s basically just a regular speedsolve.

 

Trik tersebut pada intinya adalah menyelesaikan Rubiks cube dengan metode pemula (2-3 menit) dan memanfaatkan celah pada penutup mata untuk mengintip. Cara curang ini pernah dilakukan oleh seorang legenda dari Hungaria bernama Matyas Kuti yang menyebabkan gelarnya sebagai pemegang rekor dunia Blindfolded, dicabut secara tidak hormat. Hal inilah yang membuat para speedcuber sangat familiar dengan trik murahan ini dan DVD elsdon menjadi topik populer di kalangan para cuber jauh sebelum Deddy nekat melawan Abel dengan sangat mungkin menggunakan trik murahan tersebut.  Sebagai ongkosnya, kredibilitasnya jatuh dimata seluruh cuber di Indonesia (dan mungkin beberapa cuber dunia yang memantau penggunaan Rubiks Remembered).

 

Kami (speedcuber) memiliki hubungan baik dengan beberapa pesulap profesional. Beberapa diantaranya menguasai tekhnik Blindfold Solving yang sesungguhnya (dengan memori, bukan dengan ngintip). Mereka merupakan profesional di bidangnya, beretika, dan respectable. Sungguh sebagai personal saya mendambakan sebuah aktraksi dimana penonton dibuat terpukau oleh trick murni dan keahlian. Bukan kebohongan dan pembodohan.

 

Greets

VirKill

58 pemikiran pada “Deddy Corbuzier vs Abel Brata : Menggelikan.

  1. Abel main pake metode beneran
    deddy ngintip dari balik blindfold pake metode pemula biasa

    tapi deddy ngakunya itu murni memori dan ngaku pake aturan internasional.

    deddy menang cepet.
    (lagian blindfolded bukan spesialisasinya abel bro, dia fokus di speed)

  2. hwahahaha.. curang sih tapi lumayan manjur efeknya.

    temen gwa satu jadi ngomongin deddy ngalahin pemain nasional mulu pas liat cube gwa. Itu yang nyebabin gwa googling dan ketemu post ini. (dalem hati, “wtf? deddy?”)

    thanks buat infonya.

  3. Abel main pake metode beneran
    deddy ngintip dari balik blindfold pake metode pemula biasa

    tapi deddy ngakunya itu murni memori dan ngaku pake aturan internasional.

    deddy menang cepet.
    (lagian blindfolded bukan spesialisasinya abel bro, dia fokus di speed)

    =====
    Bro, bukan spesialis bukan berarti gak bisa toh bro ;P Ciaayoooo Abel adn Ciaaayooo buat u juga bro, Virkill.😀

  4. @randomagic
    Betul! itu memang acaranya Deddy… jadi terserah dia mau NIPU siapa, dana MEMBODOHI siapa….

    wkwkwkw….
    Ane gak simpatik sama cara cara kek gitu…. jauh sebelum bro virkill nulis ini. Menipu dengan dalih menghibur….sama aja tetep penipu.

  5. Gw jg bingung pas dedy corbuzier solving rubik,kok yg d pake trik layer by layer (pemula).
    Jeniuz bgt kl mang bneran bsa pke cra it tnpa ngintip.
    Nah kl yg d pke abel it mang bner trik ny,gw lyat d youtube.
    Abel gx kalah sbner ny.
    Tp dy salah satu putaran wktu pen nyusun edge bgian knan wrna hijau,jd kslhn yg lmayan brat tp bs d atasin,mka ny layer pertama wrna biru bs d slesain.Tp sang pengintip dah kbru slesai dluan dgn trik BEGINER.whahaha !

    Tp gara” acra it gw jd blajar solving rubik pke mata trtutup.Hahaha !
    Susah beth !
    Sminggu gx tdr jo !
    Tp alhamdulillah bsa.Hehe !
    It jg bs ny kl pas lg suasana hati lg tenang sm bahagia,kl lg gx mod gx bs.

    INTI NY GX AD YG GX BSA KITA LAKUIN KL KITA PUNYA KEINGINAN YG KUAT.

  6. yg pasti keduanya memilki kelebihan masing2 dan bidangnya jg masing2. saya sih salud aja sama keduanya. kita ndak usah ngomongin ini itu tentang mereka. itu kan cuma infotainment, pinter2nya sutradara bikin acara biar acaranya dpt rating. selamat berkarya buat keduanya….

  7. Bedanya ape nyet? Sok tau lu…

    Trus kalau pake blindfold tipu2an gitu jadi nggak bisa disebut ngintip??

    Bego dipiara…kebanyakan nyari duit dari nipu sih lu….

  8. Yee, jangan emosi dong bro.

    Maksud si iRiLLL di atas ya mungkin nipu juga, cuma caranya nggak ngintip. Secara gimmick juga udah berteknologi maju, mungkin blindfold alias penutup mata yang dipake Deddy keliatan tembus/transparan dari dalem.

    Yang jelas ya tetep nipu.

    Deddy solving dengan beginner’s method adalah hal yang TAK TERBANTAHKAN.

  9. Buat bro VirKill, atau siapapun yang tau…

    1. Apa memang mustahil melakukan metode beginner (layer by layer) dengan blindfold?

    2. Apa memang di acara The Master itu Deddy pake beginner method? Saya ngerekam pake kamera HP, tapi saya belum pinter mengenali gerakan2 yang dilakukan kalo ngeliat orang lagi solving. Lagipula kameranya cepet banget ganti2nya, jadi kurang bisa disimak.

    Mohon pencerahannya.

  10. 🙂 Wah, Ada yang pro dan kontra….well, memang seperti itulah keadaannya.

    @wicak
    1. Bisa dan memungkinkan. Chris hardwick pernah melakukannya dengan memorisasi lebih dari 1 jam, dengan memorisasi gerakan. Konsekensinya, solve bisa dilakukan dalam 17 detik. Dalam video deddy, dia memo kurang dari 1 menit dan menyelesaikannya lebih dari 3 menit. Hanya beginner method yang berkarakter seperti itu.
    Meskipun ada yang bisa melakukannya, itu adalah tindakan yang sangat bodoh mengingat ada cara yang jauh lebih mudah daripada mengingat warna dan menyelesaikan dengan metode layer.

    2. Satu yang saya ingat bahwa pembawa acara sempet bilang bahwa ‘deddy hampir selesai’. Pada saat itu kamera fokus ke deddy dan terlihat dia menyelesaikan 2 layer pertama. BLindfold techniques apapun (M2/pochmman/freestyle/BH/3OP/turbo) tidak menyelesaikan layer per layer tapi piece by piece. Dimulai dari corner keseluruhan diikuti edge sehingga agak susah diikuti mata orang awam. Pokoknya, tau tau jadi.

    Lagipula, itu hanya hipotesa saya. Letak keberatan utama adalah klaim dia tentang aturan internasional itu.

  11. kebetulan saya tgl di jaksel deket depok nih….kira” saya bisa belajar langsung gk ya sama om Hermansyah?

    boleh gk saya minta alamat rumahnya??

  12. oh iya om virkill nih jago lho cube solvingnya.. waktu itu saya jadi saksi matanya 3x3x3= 15.53 detik.. yang one handed 3x3x3= 38 or 48 gitu.. kalo ada kompetisi ikutan dah om.. yakin aja bisa ngalahin yang lain2..

    * waktu segitu cepet tuh masih bisa sambil melayani konsultasi lho.. ckckckckck

  13. @beyond
    Mosok sih 15 detik? Kyknya nggak nyape segitu deh.. 18 detik kali… Kalau one handednya 38. Kapan mau konsultasi lagi?

  14. oh brati 18.53 aku sekarang udah bisa tembus 52 detik, hahaha tp habis tuh langsung pijet hernia mas.. tapi rata2 masih 1 menitan. kapan ada gathering lagi? banyak yang mau ditanyakan😀

  15. @ kulo: meskipun acara hiburan, gak etis lah kalo membuat orang lain terlihat “bodoh”. gak fair aja gitu kalo ngeliat analisa dari mas virkill.. gak perlulah buat dapetin gelar “the real master” dgn cara buat “the master” (abel) terlihat “kurang jago” dengan kecurangan2 yang dibuatnya.

  16. bner bnedh thu om virkill .. dedi mah boonk doank .. saya ad thu blinfold kaya gitu di rmah .. n emank kliatan .. dah pernah nyoba thu sama tmen2 sya pake blindfold trus pura2 ngapalin .. jadi d .. lbih cpt drii dedi .. wkawka

  17. EH JANGAN GITU DEL!!! Jika ada orang yang tidak mau mengakui kekalahannya itu juga sm aj dgn SAMPAH!! Sngt ga Internasional!! Maaf aja.. aku mah ga belain sapa2.. setauku sih jika ada orang yg beraninya hanya ngejelekin org lain di belakangnya itu mah sama aja SIRIKK!!

  18. Ni monyet monyet pada GAK BISA BACA YA??

    Yang protes tuh YANG NONTON…bukan si Abelnya…
    Ini VirKill bro…bukan Abel!!!

    Selamat ye, jadi korban/kacungnya deddy….

    Gw sering geli kalau liat tingkahnya DC (mendingan sih nggak liat), plagiator abiss, dan yang bikin gw ngakak adalah: Ada cecunguk2 yang membela deddy secara buta…

    huahahahaha

  19. Eh.. Maf aj ya sodara DAMANI Anjingg, gw bkn ngebelain Deddy!! Gw jg kga belain Abel!! Gw cm mau permainannya fair! kga ada jelek-jelekin satu sama lain!! Maksud gw tu baik, demi Abel jg!
    Lw jg knapa ikut campur sh, gw tu ksh psn bt Adel, bkn bt Loo!!! Pake ngatain gw MONYETT lg!! SOPAN DIKIT DNK!!! Sekolah kga sh lw?!!
    Gw tau klo yg protes tu yg nonton, tp pesan ini pasti suatu saat di baca Abel jg kan?! GAK PUNYA OTAK KL LW YEE?!!

    Gw ga suka Rubiks Cube, n Gw jg kga suka sulap. Gw cm kebetulan ngebuka web ini n ngebaca psn2nya. jd gw ikutan aj ksh psn bt Abel.

    Kayanya lw tuu yg KACUNGNYA Abellll!!!
    Pake ngebelain Abel lg, org gw kga ngomong ma lw, eh.. Mlh lw yg jwb… Ha ha ha.. Lucu gw ngelihatnya….

    Selamat ya jg cecunguknya Abel Bratama.. Yg cmn bs ngebelain majikannya tnpa melihat maksud baik dr org laenn…

    huahhhhaahahhahhahah……….

  20. Apa yang saya katakan benarkan om Virkill.
    Kita sesama manusia kga blh ngejelekin satu sama laen, tp klo mo ngasih kritik saran boleh kan?? Demi kemajuan anak bangsa! (Sok)
    He he

  21. This is getting out of hand…Fellas. Dalam waktu dekat beberapa postingan yang menggunakan kata2 makian akan dihapus dari koment…

    @Damani & Reza
    Be cool, man.

    Greets

    VirKill

  22. ya ela…
    satu marah anjing satu marah monyet…
    hhha…
    tapi menurut wa abel g kalah kok…
    saya juga sakit hati,,
    msa si deddy curang emnknya g ada cara lain ya mengihubr org selain mengalahkan master lain??

  23. mmmm …..
    numpan comment dkit ….

    kea’a dedy tHUu gabsa apa”an ….
    cuma jago trik’a ajah ….

    ada yang LIat acara The master 3 ga kmarenan (pembukaan) ……

    pas Lagi sesi penonton diksasH hadiah ….

    misaLkan penonton yang beruntung naek ke panggung tu nma’a MR.X iaa ….

    dya udah ngebuang merceds,HarLey,ferrari ….

    Tapi knapa dya maLah dapet Top1 ????

    kaLO mnurut saya, tiap ampLOp berisi 2 kertas yang didaLamnya ada Hadiah mewah dan kertas Top1 ….

    maka’a pas terakhir ….
    dedy Langsung mengambiL ampLOp dari mr.X ….
    dan membuka’a ….
    LaLu ia mngambiL iang kartu top1 dHee ….

    andai MR.X yang membuka ampLOp’a ….
    mungkin udah ketaHuan Trick’a ….

    kaLO dedy bisa jaLan di air ….

    mmmmm …..
    Thuu iLmu fisika ….
    dya mungkin mmpLajari Levitation ….
    karena smua orang PASTI BISA meLakukan’a ….

    asaL taHUu cara LEVITATION …..

    Lam knaL smua’a …
    ANdry ….

  24. Kulo nuwun…..
    Salam kenal numpang komen…..
    Ketika membaca rubrik ini saya sebagai pemula dalam Rubik Cube turut berduka cita atas kekalahan Sang Master “Abel”.
    Namun selalu ada hikmah dibalik semua kejadian dan saya hanya bisa mengatakan sepenggal kalimat berikut :
    “Ketika anda kalah jangan memaki, ketika anda menang jangan kemaki”
    Tetapi dalam pembuatan artikel kita semua tahu bahwa pasti tidak ada niat untuk merendahkan seseorang atau apapun yang bersifat negatif, hanya semata-mata untuk mengungkapkan sesuatu yang belum diketahui orang lain atau bahkan orang lain tidak akan mengira mengenai hal itu.
    Namun itulah kehidupan selalu ada Pro dan Kontra. Sebagai orang yang beriman dan berilmu, satu hal yang bisa kita ambil dari kejadian ini adalah “Itulah yang membuat kita selalu berpikir”

  25. nonton aja acara breaking the magicians code, tuh semua trik2nya para magicians/mentalist dan sejenisnya dibongkar semua tuh…

  26. yoi gw slalu nonton acara itu.. tp yang di AXN channel..(tv kabel..hehe..) kalo di AXN malah trik illusionist yang biasa dipake deddy corbuzzier ato demian di tv di bongkar semua trik nya.. haha.. sampe yang tusuk daging tangan keluar darah trus diusep2 bisa ga ada bekasnya juga ada.. ampe trik terbang melayang.. trik jalan di tembok semua di bongkar.. haha ayoo langganan tv kabel….xixixi

  27. Saya baru gabung dan baca mengenai ini.

    Dari awal saya juga sudah tahu kalo pesulap selalu bisa melihat walaupun blindfolded, seperti nyetir mobil, motor, ketepatan lempar pisau dll. Karena see thru blindfolded memang dijual khusus untuk para magician. Jadi begitu melawan speedcuber, berarti speedcuber main secara real, melawan trik, dia menggunakan trik tipuan hanya untuk menyenangkan pemirsa dan uang.

    Sulap itu selalu menipu dengan trik, dan dalam hal speedcubing saya pikir Abel sudah mengerti tujuan dari Deddy Corbuzer dari awal adalah untuk memenangkan dengan Trik, bukan dengan teknik. Jadi jangan diambil hati, cukup menyenangkan pemirsanya dia saja.

    Viva SpeedCubers

  28. Hi, saya waktu nntn show th,liat raut muka abel, pantazan ja Abel terkejut waktu diblg blindfolded. Brarti waktu tanding, Abel tdk diks tw th klu tanding pk blindfolded. Klu gk percaya ty ja si Abel! Re-match lg pasti takut th dedy! Semangat ya ABEL!!! Tq Bro Virkill

  29. bravo to Abel and Virkill, salam to semua yg dah baca and posting ini:
    saya sehati ma virkill
    just litle story:
    awalnya saya belum pernah ngulik rubik, setelah acara the master(baca “hiburan untuk mugle”) edisi itu, yg gak sengaja saya tonton saya jd kepikiran pengen mainin rubik, dan hasilnya:
    bikin bengkok sendok, tali temali, trik coin, kartu, prediksi, ramal meramal sudah pernah saya lakukan dan bikin “mugle” terseponapona di lingkungan kampus,
    seperti yang lain, bermodal LBL method and rubik goceng tanpa tutorial,DVD,ketik REG DC atau apalah, saya BERHASIL lagi bikin keluarga senyum2 and “malangkerik berkoar” : “SAYA BISA SELESAIKAN RUBIK MATA TERTUTUP LEBIH CEPAT DR DEDDYCORBUZIER DI TV”, ponakan balita tepuk tangan,🙂
    selanjutnya kawatir klo ada yg minta aksi serupa, sekarang bingung neh cr metode yg lebih simpel dr OldPochman, barangkali virkill ada…? hehehe

  30. mantap.. kebenaran harus disebarluaskan..
    ga etis bgt klo dalam perlombaan curang.. payah.. bikin malu aja.

    abel tetap menang karena jujur

  31. DEDY TUH BASIC-nya AJA UDAH PESULAP YANG IDENTIK DENGAN SAJIAN KEBOHONGAN. KALAUPUN DIA MENANG DENGAN REGULASI BLINDFODL INTERNASIONAL SEKALIPUN ITU MAH DIBANTU JIN PREWANGAN YG SLALU BANTU SEORANG MENTALIS/MAGICIAN.
    JADI KLOPUN DIA HEBAT SECARA MURNI KENAPA KAGAK IKUT EVENT INTERNASIONAL YANG BISA BAWA NAMA BANGSA KITA? BRAVO CUBER!

  32. …..HARAP BACA ….INI FAKTA TENTANG DEDY…..
    SEMBELUMNYA KITA JUGA HARUS INGAT KLO DEDY ITU BUKAN CUMA PESULAP NAMUN JUGA MAGICIAN. NAMANYA MAGIC UDAH TENTU PUNYA “PREWANGAN” ATO JIN YG TELAH ADA PERJANJIAN ANTARA KEDUANYA DENGAN SI MAGICIAN.ATO MUDAHNYA DEDY UDAH JADI BUDAK JIN ENTAH APA TEBUSANNYA ATO TUMBALNYA. KAYAK DAVID COPERPIL….YG JUGA PAKE JIN. GAK ADA ORANG BIASA BISA TERBANG SEENAKNYA KECUALI DIBANTU JIN. KECUALI BEBERAPA NABI YG EMANG DIBANTU MALAIKAT BUKAN JIN SEIJIN TUHAN.
    NAH….KLO CUMAN MAIN RUBIK AJAH TUH SI DEDY DITUTUP MATANYA LANTAS RUBIK DIACAK LALU GAK PAKEK SESI INSPECTION RUBIK SKALIPUN DIA BISA SELESAIKAN. ….NGGAK PERCAYA?…..
    AYO KITA BUKTIIN AGAR SEMUA CUBER INDONESIA RAME2 TANTANG REVAN TUH DEDY AMA ABEL LAGI. NTAR KLO DEDY MENANG TANPA SESI INSPECTION JUSTRU DIA KELIHATAN BODOHNYA DIDUNIA RUBIK YG NGANDALIN JIN BUKAN OTAKNYA DAN JUGA MEMBODOHI PENONTON. KLO DIA KALAH MAKA DIA CUMA BERLAGAK DOANK…..SOK MANUSIAWI…LALU WAKTU DIA DEMO JALAN DIATAS AIR ATO MENGILANG DARI MANA KLO BUKAN JIN YG BERPERAN.
    SATU LAGI TENTANG GRAND MASTER UTUT SI RAJA CATUR INDONESIA…..
    DEDY KOAR2 BISA NGALAHIN…..NGGAK MUNGKIN….DISANA JIN JUGA PUNYA PERAN MAIN CURANG BLOM LAGI DEDY SENDIRI……CARI VIDEO DI YOUTUBE……
    KLO EMANG DIA BISA NGALAHIN SI MASTER UTUT KNAPA KAGAK IKUT EVENT INTERNASIONAL BAWA NAMA BANGSA INDONESIA…..SOALE DI EVENT KLAS INTER KAGAK ADA YG NAMANYA JIN NGEBANTU MALAH DILARANG….DISANA MANUSIA VS MANUSIA. DEDY IKUT EVENT CATUR NASIONAL AJA KAGAK….EMANG SBENARNYA OTAKNYA KAGAK MAMPU…..MAMPUNYA MEMBODOHI PENONTON.
    JADI DEDY TUH BUKAN GRAND MASTER APALAGI MASTER CUBE PAKEK BLINDFOLD LAGI…..
    DIA TUH CUMA PREMAN GAME DI ACARA ACARANYA DPET BAYARAN PULANGNYA KETAWA2……
    COBA KLO GAK ADA YG NANGGAP TUH SULAPNYA PASTI UDAH DITROTOAR2 ATO DI KERAMAIAN JUALAN OBAT KUAT,RACUN TIKUS,TAMBAL PANCI DIBUMBUI SULAP2NYA……ADA ULARNYA L AGI…..
    SEKIAN TRIMS….

  33. bener bgt ……………….lgian cwek tu trs menganggu konsentrasi abel……………..sedangkan dedy dibiarkan saja……………………trs masalah warna jg…………………sangat fatal bgt …………………….coba deh ditanding ulang tp bkn diacara the master………………tp diacara cuber sesungguhya…………………………………………

    |@HIDUP ABEL………………………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s