This is why you should have Eastheen 2x2x2

Bayangkan situasi ini: Anda menunjukkan Cube berukuran 2x2x2 kepada teman anda dan menantangnya untuk menyelesaikannya. Melihat bentuknya yang sederhana, teman anda menerima tantangan itu. Beberapa jam kemudian, dia menyerah dan mengembalikannya kepada anda. Dan saat itulah, anda menyelesaikannya kurang dari 5 detik. Menarik?

Hehehe…itulah yang menarik dari Rubiks 2x2x2 alias Rubisk junior. Ada seorang teman perempuan saya yang sangat menyukai Rubik’s junior dan tidak memainkan RUbiks’Cube (3x3x3) dan yang lain. Katanya sih, imut. Ada semacam daya tarik psikologis dari Rubiks junior yakni hampir semua orang awam yang melihatnya akan dengan percaya diri mengatakan bisa menyelesaikannya melihat bentuknya yang sederhana. Kenyataannya, tidaklah demikian. Rubiks junior 2x2x2 memiliki lebih dari 3000.000 kemungkinan kombinasi warna yang mungkin terbentuk. Dan hanya ada 1 kombinasi warna yang dianggap ‘benar’. Inilah kenapa memiliki rubiks 2x2x2 sangat menyenangkan. Bagaimana dengan cara menyelesaikannya? Pada dasarnya Rubiks 2x2x2 bisa diselesaikan dengan menggunakan 2 alogaritma saja yakni OLL sune dan permutasi J. Dengan cara sederhana ini anda akan mampu menyelesaikannya dalam waktu 20-30 detik. Dengan metode lain seperti Ortega, Guimond, atau ofota, anda akan mampu menyelesaikannya dibawah 10 detik. Rekor dunia untuk menyelesaikan rubik ini adalah dibawah 1 detik oleh Erik Akkersdijk. Sementara itu jangan harap ada orang awam yang mampu menyelesaikannya dalam waktu satu jam sekalipun. Hehehe…menarik kan? Inilah alasan kenapa saya lebih suka memamerkan rubiks 2x2x2 ke orang awam sebelum nunjukin yang 3x3x3.

Untuk speedcubing atau seidaknya menyelesaikan dibawah 10 detik, anda tidak bisa mengandalkan Rubiks 2x2x2 atau ice cube untuk dapat menembus level dibawah 10 detik average. Dan sekedar informasi, dalam peringkat resmi dunia, jika anda mampu menyelesaikan 2x2x2 dalam waktu 10 detik, anda masih terdampar di peringkat 500an dunia. Diperlukan average 5 detik untuk sekedar masuk peringkat 100 dunia. Para speedcuber dunia untuk kategori 2x2x2 menggunakan Cube 2x2x2 bermerek Eastsheen. Eastheen berukuran lebih besar dari Rubik’s 2x2x2 berbeda dengan produk lain seperti E4 yang lebih kecl dari Rubiks Revenge atau E5 yang lebih kecil dari Rubiks Professor. Selain itu, mekanis didalamnya memungkinkan kita untuk sedikit melakukan cutting corner, berbeda dengan rubiks cube Junior yang bahkan setelah dibongkar dan dilubrikasi masih sering macet dan terlalu kecil untuk fingertrick.

Untuk mampu melakukan solving 2x2x2 dibawah 7 detik average tidak diperlukan waktu lama untuk mempelajarinya. Mengingat alogaritma yang perlu dipelajari tidak sepanjang cube jenis lainnya. Namun diperlukan hardware yang mendukung. Pengalaman penulis, tidak ada satupun video di youtube yang menunjukkan seseorang mampu melakukan sub 7 average (bahkan sub 10 average) menggunakan Rubiks junior dan bukannya Eastsheen.

Tulisan ini mengupas ‘betapa menariknya’ Rubiks 2x2x2 dan menunjukkan bahwa untuk mencapai level ‘pro’ tidaklah sulit mengingat alogaritma2nya yang singkat dan sederhana. Untuk mendapatkan Rubik’s Junior tidaklah sulit, anda bisa menghubungi Tommy, Jo charles, atau Abel Brata. Namun untuk Eastsheen sangat sulit mengingat belum ada importir yang mendatangkannya ke Indonesia. Setahu saya hanya Abel yang punya barang ini dalam koleksi pribadinya. Rendahnya minat terhadap Eastsheen 2x2x2 membuat para importir belum berani memasukkan 2x2x2 ke Indonesia.

2 pemikiran pada “This is why you should have Eastheen 2x2x2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s