Variasi permainan menggunakan Rubik’s cube

Rubiks cube with feetMainan yang satu ini memang memiliki daya tarik yang tiada habisnya. Selalu ada cara baru untuk bersenang senang dengannya. Dibawah ini adalah jenis2 permainan yang bisa dilakukan dengan Rubik’s cube. Kesemuanya memiliki catatan rekor di Unnoficial World Record. Anda bisa mencobanya dan mensubmit disini. Jika anda beruntung anda akan mencatatkan nama anda di peringkat tidak resmi dunia. Selamat mencoba!
1. Speedcubing. Permainan ini merupakan jenis permainan yang paling umum, yakni menyelesaikan keenam sisi dari rubik yang teracak secepat mungkin. Siapa yang paling cepat, dialah pemenangnya. Metode yang banyak digunakan adalah metode Beginner, Jessica Friddich, Petrus, dan juga Roux.

2. Speedcubing with feet. Sama dengan nomor 1, bedanya adalah baik preinspection maupun ketika solving, peserta diharuskan menggunakan kaki. Humm…..aneh? Well, anda yang menilai.

3. Speedcubing with chopstick. Jika anda mengangap nomor 2 adalah aneh, bagaimana jika anda menyaksikan orang menyelesaikan Rubik’s cube dengan sumpit? Namun, beberapa orang memang melakukannya.

4. One Handed (OH). SAma sama bertumpu pada kecepatan, One handed cubing mengharuskan peserta menyelesaikan rubik’s cube secepat mungkin hanya menggunakan satu tangan. Peserta diperbolehkan mengunakan tangan kiri maupun kanan.

5.Fewest Move (FM). Dalam fewest, siapa yang bisa menyelesaikan rubik yang teracak dalam gerakan yang paling sedikit, dianggap sebagai pemenangnya. Pada umumnya peserta diberikan kode untuk mengacak Rubik’s cube dan menulis notasi gerak untuk menyelesaikannya dalam durasi satu jam.

6. Blindfolded. Dalam Blindfolded, kita menyelesaikan RUbik dengan mata tertutup. Waktu yang dihitung termasuk waktu untuk merencanakan dan mengingat warna rubik sesaat sebelum mata ditutup.

7. Team Blindfolded. Permainan menyenangkan ini melibatklan 2 orang. Satu orang yang mengendalikan Rubik dengan mata ditutup sementara satu yang lainnya memberitahukan gerakan gerakan tanpa boleh menyentuh Rubik.

8. Blindfolded Fastest Solving.
Berbeda dengan Blindfolded (nmr 5), permainan ini memberikan pemain waktu tak terbatas untuk merencanakan dan mengingat gerakan. Pemain tidak diperbolehkan memutar rubik sebelum matanya mulai ditutup. Cris Hardwick merupakan salah satu orang pertama yang mencoba permainan ini. Waktu perencanaan dan memorisasi memakan waktu hampir 2 jam untuk melakukan speed blindfold solving selama 17 detik.Jenis permainan ini tidak pernah dipertandingkan dalam kompetisi resmi.

9. Assembling into solved state
Ini adalah permainan menyusun rubik secara cepat. Rubik dibongkar menjadi 21 bagian (1 core&center, 8 corners, 12 edges) dan disusun secepat mungkin menjadi kondisi solved (seluruh sisi memiliki warna yang sama). Jika anda memiliki Sebuah rubik yang sudah mulai sering terlepas bagiannya, anda baru bisa memainkannya. Otherwise, kami sangat tidak menyarankannya karena hal ini akan merusak Rubik’s cube anda.
10. Blindfolded One-handed
Ini adalah gabungan dari nomor 4 dan 6. Waktu dimulai saat anda pertama kali mengobservasi Rubik dan sebelum anda mlai memutarnya mata anda harus ditutup. Jika anda menguasai One handed dan BLD, menggabungkannya tidak akan terlalu sulit.

11. Scrambling a cube
Anda akan diberi 25 notasi gerak untuk mengacak Sebuah Rubik’s cube. Siapa yang paling cepat selesai tanpa kesalahan, dialah pemenangnya.

12. Copying a scrambled cube
Permainan ini menarik. Anda diminta untuk membuat pola warna yang persis sama dari sebuah Rubik yang telah teracak sebelumnya. Diperlukan 2 buah rubik dengan skema warna yang sama. Anda bisa mencobanya dengan meminta teman anda mengacak salah satu cube. Kemudian mencoba untuk membuat tiruannya. Sulit?

13. Team solving
Dimainkan oleh 2 orang (atau lebih) hanya dengan 1 rubik. Tujuannya adalah menyelesaikan RUbiks cube secepat mungkin dengan satu gerakan per orang. Diperlukan 2 orang yang memiliki kecepatan yang relatif sama dan metode yang sama.

4 pemikiran pada “Variasi permainan menggunakan Rubik’s cube

  1. Bro … emang kjuaraan rubik d Indonesia ada setiap tahun yah?

    Btw kayanya dgn permainan ini kita bisa ukur IQ seseorang yah😀

  2. Setiap tahun? Humm… tahun 2007 ada, tahun 2008 kebetulan ada juga, di bandung.

    Kalu mengukur sih…kyknya ndak bisa dech… cuman, memang sepertinya perlu level IQ tertentu untuk bisa menyelesaikannya sampai level tertentu.

    Betewe…blog km pindah alamat bro? alamat barunya apa? Nanti gw update di blogroll…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s