Blindfold Success!!! 16:38

Blindfolded CubingLebih dari sebulan yang lalu sejak saya pertama kali mempelajari Blindfolded Cubing, yakni menyelesaikan rubik dengan mata tertutup. Segala curhat tentang hal itu dulu sempat saya posting disini.

Shotaro Makisumi mengklaim bahwa  seseorang tidak harus mampu menyelesaikan rubik dengan mata terbuka sebelum menguasai metode untuk menyelesaikan rubik dengan mata tertutup. Hal ini dikarenakan, menyelesaikan rubik secara blindfolded menggunakan metode yang berbeda dengan metode yang digunakan pada normal solving.

Sebelumnya perlu saya tekankan perbedaan antara blindfolded cubing dengan speed blindfolded solving. Dalam speed blindfolded solving, hanya waktu solvingnya yang dihitung, sementara waktu perencanaan dan memorisasi tidak termasuk dalam hitungan waktu. Sementara itu, blindfolded cubing menghitung kecepatan waktu pada saat Rubik mulai dipelajari hingga selesai. Memorisasi dan eksekusi dicatat dan menjadi tolok ukur kecepatan.

Sejak pertama kali saya mempelajarinya pertengahan september lalu, saya cukup dibuat pusing olehnya. Hal ini mengingat hampir tidak ada orang yang bisa saya ajak share mengenai ini. Metode yang pertama saya pelajari adalah 3 cycle Orientation Permutation, disingkat dengan 3OP. Saya menggunakan tutorial dari Macky. Secara garis besar metode ini bisa dipahami, namun untuk benar benar menguasainya secara optimal, perlu penguasaan alogaritma2 baru dan setup move secara rumit. Setelah menyerah dengan metode ini saya mencoba beralih ke M2/R2. Tren yang berkembang belakangan ini menunjukkan bahwa metode baru ini berkembang pesat menggantikan 3OP baik dari segi popularitas maupun kecepatan. Efek negatifnya, terlalu banyak alogaritma baru yang harus dipelajari. Lagi lagi saya berpindah metode kepada Old Pochmman. Dan inilah metode yang saya gunakan saat ini dan berhasil.

So, setelah mencoba berhari hari dan bermasalah pada perencanaan dan memorization (berhubung daya ingat saya payah) akhirnya saya berkali kali mencoba partial solving, yakni mencoba beberapa langkah dulu, termasuk Edge dulu baru Corner dulu. Pada hari Senin Kemarin, percobaan2 saya membuahkan hasil dengan waktu 16 menit 38 detik. 10 menit untuk perencanaan dan memorisasi, dan 6 menit untuk eksekusi.

>>>Tulis Komentar Anda Disini <<

7 pemikiran pada “Blindfold Success!!! 16:38

Tinggalkan Balasan

