Parity 4x4x4 (Rubik’s revenge) algorithm

Masih seputar Rubik’s cube 4x4x4 alias Rubik’s Revenge, bagi teman teman yang ikut mencoba menyelesaikan puzzle ini pasti berkutat dengan apa yang namanya parity. Pada dasarnya, parity adalah kondisi yang hanya bisa muncul pada rubik 4x4x4 dan tidak dapat muncul pada rubik 3x3x3. Meskipun demikian, dalam sebuah kasus bisa muncul lebih dari 1 parity error. Contoh parity error adalah sebagai berikut:

Parity

Saya menemukan gambar tersebut via google. Hehehe…memang banyak yang benci dengan parity error. Hal ini dikarenakan untuk penyelesaiannya diperlukan alogaritma yang panjang dan memusingkan.

Dibawah ini adalah daftar lengkap kasus parity lengkap dengan alogaritma untuk menyelesaikannya.
1. case1Sudut tertukar secara diagonal
2U* 2L* 2U 2l 2U 2L* 2U* R U’ L 2U R’ U R L’ U’ L 2U R’ U L’ U
2. case2pasangan edge terbalik
2R* 2B 2U L* 2U R’* 2U R* 2U 2F R* 2F L’* 2B 2R*…dilanjutkan dengan solve secara normal
3.case 3Pasangan edge tertukar secara vertikal
2r 2U 2r 2U* 2r 2u
4.case4 pasangan corner tertukar bersebelahan
2U* 2L* 2U 2l 2U 2L* 2U* F’ U’ F U F R’ 2F U F U F’ U’ F R
5.case 5 pasangan edge tertukar bersebelahan
2r 2U 2r 2U* 2r 2u (alogaritma 3)dan diteruskan dengan solve secara normal…

Diantara 5 sekawan alogaritma panjang itu sebenarnya hanya ada 2 alogaritma yang paling penting. Yakni alogaritma nomor 2 dan 3….

Bagaimana dengan kasus yang lain? Well..jika anda menguasai beberapa alogaritma PLL, maka anda bisa melakukan 2 look parity! Ya… 2 look PARITY!Hehehe…

Kasus no.1 = Selesaikan dengan permutasi y, disusul dengan alogaritma ke 3 dan solve like normal..
Kasus no.2 = Hafalin alogaritmanya!Nothing else
Kasus no.3 = Hafalin alogaritmanya!Nothing else
Kasus no.4 = Gunakan permutasi T, disusul dengan alogaritma 3
Kasus no.5 = Gunakan alogaritma nomor 3…

Well, meskipun ini bukan ide yang hebat2 banget, namun setidaknya akan menghemat waktu bagi anda yang ingin menyelesaikan 4x4x4 anda tahu alogaritma mana yang harus anda pelajari dahulu…

19 pemikiran pada “Parity 4x4x4 (Rubik’s revenge) algorithm

  1. Mas, boleh sy membetulkannya,
    -Kasus 2: sesuai foto diatas dengan bidang kuning sebagai bidang muka, maka menurut saya algorithmnya adalah: r2 B2 U2 l U2 r’ U2 r U2 F2 r F2 l’ B2 r2.
    -Kasus 5: sesuai foto diatas dengan bidang kuning sebagai bidang muka, maka menurut saya algorithmnya adalah: R’ U R U r2 U2 r2 (Uu)2 r2 (Uu)2 U R’ U’ R.
    -Mohon maaf, bila saya yang salah.

  2. @ Teguh lestari
    Terima kasih atas masukannya pak Teguh, alogaritma dari bapak bisa menyelesaikan case tersebut dengan lebih cepat. Alogaritma 2 dan 5 sebenarnya ndak salah…cuman agak lama saja. Sekali lagi terima kasih masukannya.

  3. Halo semua, mau minta petunjuk nih dari para senior…
    Saya bener bener merasa kesulitan+penasaran sama case yang saya hadapi. Semua sisi rubix 4x4x4 sudah pada tempatnya, kecuali satu sudut. Sudah pada tempatnya sih, tapi tidak menghadap sisi yang seharusnya. Apa yang harus dilakukan ya. Apakah ada rumus khusus? Saya cari di internet, belum nemuin penyelesaian satu pun. Mungkin dapet titik cerah di sini. Thanks before..

  4. Mungkin untuk pertanyaan tentang * bisa saya bantu jawab. kalo bintang itu berarti memutar berlawanan arah jarum jam, dengan menganggap sisi tersebut menghadap ke arah kita. Contoh, kalo yang sisi bawah, B, berarti satu baris bawah saja ke arah kanan (searah jarum jam kalo dihadapkan ke arah kita) kalo Bb* berarti dua baris bawah ke arah kiri (berlawanan arah jarum jam kalo dihadapkan ke arah kita). Semoga cukup membantu.

  5. Nampaknya dari teman2 pemula belum ada yg berhsil soal ddi commentx belum ada yang berterima kasih…, klo udah ada yg berhasil.. Tolong dong jelasin bedanya B* dan B’* .., tolong dong.., makasih sbelumnya…

  6. Thanks atas rumusnya krarang ane dah bisa main rubik 4x4x4 dgn benar, oh iya kalau tada * ini bukan tanda aksen tapi memutar rubik 2 sekaligus ok

  7. Thanks agan virkill rumusnya worked semua..
    Bisa minta dijelasin apa itu permutasi y dan permutasi T..masih belum paham permutasi ini..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s