Blindfold Struggle : Menyelesaikan rubik dengan mata tertutup

blindfold
blindfold

Shit…., sejak beberapa hari ini gw mulai belajar Blindfolded cubing A.K.A menyelesaikan rubik dengan mata tertutup. Sounds fancy and complicated, huh?

Kenyataannya: Parah!

Susah banget… terutama Bagian bagian terakhir, yakni edge permutation dan permutation parity. Membuat setup dengan mata terbuka aja bikin kepala panas…apalagi dengan mata tertutup. Fyuhh….

Here’s the story:

Pada awalnya gw mencoba menyelidiki, diantara sekian blindfolded cubing tutorial, mana yang layak untuk dijadikan pedoman? Terlepas dari siapa penulisnya, metode untuk blindfolded cubing terdiri dari piece by piece, M2, 2 cycle dan 3 cycle. Diantara 4 metode terkenal itu, ada banyak penulis tutorial diantaranya Shotaro Makisumi (macky), Stevan Pochmman Joel van noort, Richard carr, dan masih banyak lagi. Setelah menyadap forum forum cubing dan mendownload beberapa tutorial yang bisa gw temukan, pilihan jatuh pada Shotaro makisumi, si jepang amrik. Tutorialnya bisa di download di sini.

Sedikit overview, tutorial dia menggunakan metode 3 cycle yang pada awalnya ditulis oleh pochmman. Macky mengembangkan penjelasannya, menambah dengan beberapa alogaritma baru segingga ‘mudah’ dipahami.  (Mudah bagi macky, enggak bagi gw). Sekedar info bahwa macky ini dulu bisa bermain blindfold cubing hanya dalam waktu 2 hari sejak dia membaca tutorial pochman, pada saat dia berumur 12 tahun!!!!!

How sick….

Metode 3 cycle berbeda degan 2 metode 3x3x3 solving yang gw pelajari sebelumnya, yakni layer by layer method dari dan brown, dan Jessica Friddich. Semua orang yang bisa bikin cross, pasti bisa belajar LBL, semua orang yang punya sedikir logika dan kesabaran, pasti bisa Jessica friddich. Tapi 3 cycle????? Gw udah 4 hari baca dan gw masih butuh kertas, pena, contekan alogaritma, dan menyelesaikannya dengan mata terbuka selama lebih dari 1 jam.

Nah, sialnya, macky demen banget make kata kata dan terminologi yang sophisticated, alias njlimet. Dia dengan cueknya mengganti kode 1 dengan kode lain yang memperparah keadaan. Belum lagi, ada 2 alogaritma yang gw curiga :ketuker, yang membuat edge permutation gw berantakan. Kesalahan terakhir: dia ngakuin bahwa bagi sebagian besar orang, konsep permutation parity itu susah, tapi si macky ini malah gak ngasih penjelasan yang lengkap. Malah dibanding sub bab yang lain, penjelasan tentang parity berikut contohnya, bisa dibilang paling singkat. Sial kan?

Namun ada beberapa hal yang mampu membuat gw tetep semangat, menyangkut pahlawan pahlawan gw:

1. Bob Burton : Pada saat dia belajar Blindfold, butuh waktu 14 jam  bagi dia untuk melakukanya. 8 jam memorization, dan sisanya solving…. anjrit kan? Betapa sabarnya dia…

2. Abel brata : Dasarnya orang sakit sakti…dia cuma butuh 2 jam.  But si adel udah cubing selama 4 tahun men, which means gw gak ada apa apanya yang 3 bulan nyentuh cube aja belon….

Sabar aja kill, enjoy your learning process…..

Satu pemikiran pada “Blindfold Struggle : Menyelesaikan rubik dengan mata tertutup

Tinggalkan Balasan

