Kenapa harus stiker?

peel
Stiker pada rubik yang mengelupas

Sebuah diskusi panjang dan menarik belakangan ini muncul di forum rubiks.com. Diskusi tersebut diawali dengan sebuah pertanyaan sederhana:

Dengan segala kemajuan tekhnologi industri dewasa ini, kenapa cube bikinan rubiks masih harus menggunakan sriker yang mudah mengelupas?

Pertanyaan tersebut mendapatkan tanggapan yang lumayan seru mengingat begitu banyak speedcuber yang kesal karena stiker pada produk rubiks terlalu gampang mengelupas. Bahkan kurang dari satu bulan, pastik yang melindungi stiker mulai mengeriting dan memberikan sensasi yang cukup menyebalkan bagi jari jari kita. Sebuah rubiks yang sangat lusuh, bagi orang awam tentu terkesan bahwa rubiks tersebut sudah dimainkan bertahun tahun. Namun tidak kenyataannya, rata rata hanya dalam waktu 3 bulan, stiker pada permukaan rubiks akan menjadi sangat sangat tidak sedap untuk dipandang.

Ada beberapa analisa jawaban yang menarik. Ada yang menyebutkan bahwa stiker sangat membantu para pemula yang frustasi tidak dapat menyusun kembali rubiknya, dengan cara melepasnya dan menempelkannya kembali sehingga seolah-olah rubiks sudah terselesaikan. Alasan ini dibantah oleh pihak lain. Pertama, pada kenyataannya dengan perkembangan media seperti sekarang, menyelesaikan rubik sebenarnya tidak terlalu sulit. Asal memiliki sedikit memiliki kesabaran dalam mempelajari tutorial tutorial yang memang sedikit terkesan rumit bagi pemula, menyelesaikan rubik adalah persoalan waktu. Kedua, stiker rubik tidak didesain untuk dapat dengan mudah dilepas, lalu ditempelkan lagi dengan daya rekat yang baik.

Alasan yang paling mendekati masuk akal adalah alasan bisnis. Perusahaan pembuat rubiks telah mendapatkan keuntungan yang besar dari penjualan stiker rubik. Dengan biaya rendah, mereka menjual stiker rubik seharga 4 dolar satu setnya.

Sebuah rubiks cube yang baru dibeli, memiliki kondisi dimana puzzle tersebut sangat susah untuk dimainkan/diputar. Membutuhkan waktu beberapa mingggu sampai bisa dimainkan untuk speedcubing. Permasalahannya, setelah rubiks tersebut cukup lancar untuk dimainkan, stiker yang terpasang sudah jelek kualitasnya sehingga perlu diganti. Dengan kondisi tersebut, permintaan stiker pengganti akan otomatis selalu ada.

Rubiks.com mungkin sadar bahwa permintaan rubiks cube tanpa stiker (warna tercetak) sebenarnya cukup tinggi. Kondisi ini memicu banyak orang beralih ke merek rubik lain yang warnanya tercetak. Toh, tetap saja, sebagai pemegang hak paten. Rubiks.com tidak perlu memperdulikan pesaing.

4 pemikiran pada “Kenapa harus stiker?

  1. Pertama, misalkan stiker kalian sudah kelupas stengah sebaiknya lepas semua secara pelan-pelan
    Kedua, Tempelkan striker tersebut di Double Tip sampai rapat, terus buka lapisan kedua dari dari double tip tersebut , terus tempelkan lagi di rubik yang kelupas stikernya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s