Membeli Rubiks and How to Start Cubing!

Standar
Rubiks Ori

Rubiks Ori

Selalu ada pertanyaan mengenai dimana bisa membeli Rubiks Cube di Indonesia. Berikut saya coba memberikan ulasannya mengenai jenis Rubiks yang ada di Indonesia.

Rubik Gocengan (the cheapest one)

Type Rubik ini paling mudah untuk ditemui. Dan biasanya berharga sekitar 5 hingga 10 ribu rupiah. Jenis cube ini tidak semuanya jelek. Beberapa yang pernah saya lihat bahkan memiliki spring di tengahnya sehingga mirip DIY cube. Ciri ciri paling mencolok dari jenis cube ini adalah warnanya yang menggunakan plastik dan kadang tidak memiliki skema warna standar (BOY atau jappanese). Percobaan yang dilakukan dengan cube ini bisa  menjadi lumayan bagus dengan lubrikasi, sanding (amplas), dan mengganti warnanya dengan sticker. Tidak ada salahnya memulai dengan menggunakan cube jenis ini. Juara Indonesia Abel brata pada awal ‘perjuangannya’ menggunakan cube jenis ini hingga bisa menyelesaikan dibawah 1 menit. Saya rasa sub 2 menit merupakan tarrget yang ideal jika menggunakan Cube jenis ini.

Rubik Chinese

Rubik jenis ini cukup langka dan biasanya ada di toko2 mainan berskala cukup besar. Berharga antara 25-60 ribu. Kualitasnya sangat baik dan pada umumnya bisa langsung enak digunakan setelah dikeluarkan dari boxnya. Beberapa diantaranya cukup berat bila dibanding Rubiks gocengan dan Rubiks orisinil. Setelah cukup lama digunakan, cube jenis ini akan mudah pop jika digunakan cepat dan brutal.

Rubiks Orisinil

Rubiks.com menunjuk beberapa pabrik manufaktur untuk memproduksi puzzle rubiks dan salah satunya berada di China. Dari sinilah para importir Indonesia mengambil stock untuk dijual di Indonesia dengan harga terjangkau.  Sebuah rubiks cube yang aslinya berharga 11 dolar (tidak termasuk biaya pengiriman) bisa didapatkan dengan harga Rp.90.000,- di Indonesia. Ada beberapa Seller yang menjual Rubiks cube di Indonesia. Anda bisa mendapatkan alamat mereka dibawah artikel ini.

Rubiks Orisinil tidak bisa langsung digunakan sebagai speedcubing setelah dibeli. Perlu beberapa minggu hingga akhirnya sebuah rubiks orisinil bisa digunakan untuk speed. Berbeda dengan DIY cube, Rubiks ori tidak memiliki pegas yang bisa diatur. Untuk bisa digunakan speed diperlukan lubrikasi (silikon, vaseline, waxco, stp,dll), sanding, atau breaking dengan trik tertentu (silahkan search di youtube dengan tag search ‘thrawst breaking cube’). Keunggulan Rubiks orisinil terletak pada daya tahannya. Dan tidak mudah POP out.

Rubiks DIY

Rubiks DIY (Do it Yourself) memungkinkan kita merakit dan mengatur tensi spring untuk menentukan tingkat kerapatan yang sesuai. Semakin longgar akan membuat rubiks mudah diputar, namun retan terhadap POP out. Diperlukan kombinasi yang tepat sesuai dengan gaya masing masing pemain cube.

DIY cube

Jenis Rubiks ini berprinsip sama dengan Rubiks DIY namun dikeluarkan oleh manufaktur gelap (tidak berlisensi Rubiks). Rubiks ini tidak bermerek, dan dikenal memiliki banyak type, mulai dari Type A, B, C, D, dst. Type yang paling banyak digunakan adalah A dan D.

Bagi pemula, sangat disarankan untuk berlatih menggunakan Rubiks Orisinil terlebih dahulu sebelum beranjak ke DIY.  Hal ini sangat berguna untuk melatih fingertrick yang benar sehingga pada kecepatan tinggi tidak mengakibatkan POP out. Bagi anda yang belum bisa mendapatkan Rubiks orisinil dapat menggunakan Rubik manapun untuk berlatih, namun usahakan untuk menggunakan skema warna standar yakni merah berseberangan dengan orange, putih dengan kuning, biru dengan hijau.  

Tempat membeli Rubik di Indonesia

Rubik’s Orisinil sekarang mulai banyak perwakilan dari beberapa kota. Untuk menghemat biaya pengiriman, ada baiknya anda datang langsung atau bertemu langsung dengan para seller yang terdekat dari domisili anda .

Kami menyediakan beberapa pilihan Rubik di Blog ini untuk mengantisipasi mereka yang kesulitan untuk mendapatkan Rubik’ original dengan harga murah di Indonesia. Bandingkan dengan harga yang ada di Rubiks.com berikut biaya pengirimannya ke Indonesia yang lebih mahal dari harga Rubiks cube itu sendiri. And bisa melihat katalog dari barang yang kami jual di blog ini.

Katalog dan cara Pembelian Rubik’s cube.

Anda juga bisa datang dan bertemu langsung dengan menghubungi 08112505222 bagi anda yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya. Sebagai alternatif, anda juga bisa membelinya dari Abel Brata, Jo Charles, dan Tommy. Tidak menjadi masalah dimana anda membelinya, kami akan membantu anda.

About these ads

82 thoughts on “Membeli Rubiks and How to Start Cubing!

  1. klo aku pake yang 10.000 dapet 3 hahahaha
    bisa di dapatkan di Sunter Mall jakarta (waktu itu lagi bazar jg sih :p)
    tapi beneran lumayan untuk beginner yang sering banting2 rubik krn ga solve2 hehehe
    (Comment yg aneh…)

  2. maha

    mas virkill,
    kalo mau cari replacement sticker untuk rubik 3x3x3 yang ice cube dimana yah?
    soalnya bang jo katanya ga jual..

    thanks a lot bantuannya mas bro;)

    warm regards,
    maha

  3. Ryan_hijackers

    Buat yang tinggal di daerah jakarta timur,lw bisa beli rubic di PASAR GEMBRONG yg sering masuk berita,walaupun gx elite cm brbntuk pasar,tp yg di jual sangat brmutu,smua jeniz ad d situ,dr yg mahal mpe yg murah,and yg mahal tp blackmarket jd murah,hehehe !,tapi mesti pinter nawar bro,kl mw nawar inget 25 %.Hehehe !

  4. andy

    ada tempat yang bagus ga ya deket2 jakarta barat ?
    gwa sempat uda bli 3 cube (@8-10k) dari carrefour permata hijau tapi ga awet. (gampang ancur diputar2)

    thx.

  5. Budi

    Salam kenal…… Gramedia Pd Gede ada Rubik China mirip original harga 55.000 rupiah, tapi pemakaian 2 minggu akan mengelupas dan warna akan menghilang.

  6. Budi

    rubiks Rp. 5.000 (kulitnya dengan plastik mica) bagus juga jika diberikan pelumas/ lotion. Saya pernah titip dari KL kalau dalam Rupiah sekitar 80.000. Ori di Jakarta di mana ya ? Berapa ?

  7. andy

    gwa udah beli di kaskus dari om jo charles :D
    mayan praktis juga karena bisa juga diminta dilumasin (+10ribu)
    cube nya enak nih, juga mesennya gampang dan cepet.

    gwa sekarang masih di 1menit 30detik ga bisa naik2. :-s

  8. @budi
    Rubiks Ori 80rb? Menarik tuh…asli bro? Agaknya kok harganya aneh mengingat harga resminya 12 USD.

    @andi
    congrats bro

    @willy
    Sekarang dikenal dengan Rubiks ori VC (virkill costom)… di break dan lubrikasi ampe bisa buat speedcube. Hehehe

  9. frankdick

    kalo mau bli rubik yg ori di medan dimn ya??klo gk ad di mdn bs bli melalui jo atau tommy atau abel gk??
    thx

  10. virkill

    @ahdanfauzan
    Disini ada bro… mau butuh stack timer, v-cube, juga ada. Mau? Ori 105rb.

    @Budi
    80rb? Jelasin tipenya dong bro…. Kyknya bsgus tuh bwad nambahin koleksi pribadi

    @frankdick
    Ke medan dilayani kok… disini bisa..lewat tommy juga bisa :)

  11. nosmax

    kalo di jakarta ada di mana? mau beli nih.. kalo aku beli di sini berapa harga total yang 4×4 dengan pengiriman ke wilayah jakarta selatan. yang eastsheen berapa? terima kasih.

  12. ind

    gmn sich cra lubrikasi & rawat rubiks? trus gmn biar bs cpet speedcube? aq msh newbie ne. bru sktr semingguan maen rubiks n msh bljr f2l, trus pgen coba bljr 2 look oll + pll. gmn sich cra ngapalin alogaritm nya?

  13. ind

    oh iy, mw nanya lg. gw udh ad rubiks chinese yg hrgany 30 rb, trus pgen bljr fingertrick biar bsa speedcube. rubiks aq muterny lumyn gmpng, tp g bs cpet, soalny sring nyangkut. wktu cba di break, tp g ad ngaruhny. bgusny aq bli ori, DIY atw ttp ama rubiks yg skrng bwt bljr fingertrickny?

  14. @Nosmax
    Relatif sis, ada yg suka eastsheen ada yg suka Rubiks. Untuk 2×2 Eastsheen menang telak. 5x5x5nya imbang, tapi 4x4x4 easteheen masih lebih bagus dari RUbisk revenge

    @ind
    Ada tips tentang ngafalin alogaritma di virkill.com bagian tutorial. kalau mau belajar fingertrick disarankan make Ori. Nanti kalau udah jago dan gak serig macet bisa make DIY.

  15. dika

    gw beli sama mas abel brata di deket kampus binus. kalo yang tinggal di jakarta boleh tuh kesana.
    3x3x3 type DIY black, type D white, 4x4x4 rubik’s.
    rakit plus lubrikasi gratis.
    Ohya mas virkill, kalo saya ke jogja saya mampir ya ke tokonya. hehe

  16. Joan

    Mas virkil, aq mw tny.. Aq uda bli rubic ori tp umurx blm 2 mggu..
    Brhbng rubikx rjin aq pake stikerx agak nglupas2 dkit..
    Nah bs psen stiker yg bgus ga bwt di surbaya?
    1 lg, kn rubik ori msh keras pas d kluarn dr box.. Nah untk kpn dia bs mncpai kcptn maximumx? Trus gmn jga stikerx biar awet? Maaf bru bljr..

  17. chemykreuk

    Halo virkill
    aku ada sms ke 08112505222, aku mau pesan rubik 0ri (Kode: 333ori).
    tapi dr tadi belum dapat balasan…

    KALTIM.,.,

  18. nuky

    plisss……ksh tau gw dunks panduan maen cube 3x3x3, gw kan pemula. klo bs ksh tau websitenya deh,.tp yg brbhsa indo yaa… thanks

  19. virkill

    @randy
    lewat sini nanti dikirim bro.

    @chemykreuk
    Udah bro :)

    @bang igun
    Kurang tau bro
    Try gramedia atau toko mainan besar. Di PVJ juga ada katanya.

    @Nuky
    Duh!… virkill.com

  20. Zal

    Mas virkill, pengen beli rubik 3x3x3 ori ni, masih sold out y? T.T

    Masih newbie jadi mw belajar dari yg ori dulu, o iya bz d lube biar g terlalu keras y? Trus klo ma sticker replacementx + ongkir ke kalimantan berapa? (klo mahal nitip temen d jogja dulu :p)

    Aq blom sampe 1 bulan ru belajar pake rubik 20 ribuan n baru bz 1 menit 7 detik, bantuin y :)

  21. zaki wildan

    mas…ane mo beli rubiks original, 1 biji klo kirim ke bekasi ongkirnya brapa?trus cara lubrikasi… maklum ane masih newbie, blom bisa maen rubik ane pengen blajar maen rubik…mohon kirim jawabanya ke E-mail zakiwildan44@gmail.com..

  22. YULI

    mas saya kan udah beli di tokonya mas yg di shapire mall.. bsa mnta caranya main rubik yg pillow gk ? aku beli itu tpi gk tau cara mainnya

  23. maaf..mau tanya. kemaren saya ke gramedia bandung. ada yg jual tuh rubik`s orsinil made in china. harganya Rp 145.000.
    itu beneran asli?? thx.
    kalo mu order yg rubik`s orsinil di sini..(yg masih available) msh bisa kah? thx..

    virkill: yes. itu asli. barangnys sama dengan yg dijual disinis eharga 105rb. Tapi disini tanpa box untuk menghemat biaya pengiriman.

  24. pemula

    untuk yang di Bandung… dateng aja ke BIP,trus ke toko buku Times(di dpn hypermart…)Original kok,3×3 130k,ada 4×4 ma 5×5 juga
    Gw baru beli disana…padahal niat beli yg 30k,malah 130k…tapi ternyata itu ORI,pantesss :)

  25. virkill

    @taricool
    Chinese cube banyak beredar di toko2 mainan. termasuk vkstore di jogja

    @lutfie
    Yes, 125rb + 18rb ongkir

    @martcel
    Bisa :)

  26. near

    mas virkill aq dh belajar f2l, 2 look pll n 2 look oll tp kok lama bgt y nelesain rubiksnya…paling edan 58 detik-1.10 detik n lucky pake biginner methods 45 dtik..mw belajar extended cross kok malah ribet cz alogoritmanya intuitif..mas virkil kalo sub 20 tu ngebuat cross brapa detik y apa rahasianya..?buat f2l berapa lama? n buat OLL+PLL berapa lama?

    satu lagi kalo gw br bli rubik ori..buat bikin enak eksekusi alogaritmanya rubik kudu d lumasi kan?…nah pake getsby stailing hair bisa gax? heheh..

  27. ahm rei naga

    Gan,, mw tanya tmpt beli rubik gocengan yang abal2 daerah Jogja imana aj?kasih tw ya, maklum kantongq cekak nh.

  28. Mas…. ak pengen beli rube … brapa harga na…?? yah soal na ak gk taw harga ma jenis…??

    kasi ajah yank untuk pemula,,,
    dan yang bagus berapa… sms n0 085739229900
    ok….
    saya tunggu secepatnya sms na…

  29. haloo semua..aq beli rubik chinese merek “Yong Jun” lumayan enak..di kardusnya ada tulisan “Magic Cube-speed edition”…
    pegasnya enak (cornernya bisa diputer)..
    glow in the dark pula.. haha..jadi kalo mati lampu bisa nemuin rubik dg gampang..hehe..^_^
    Pas dah dipake 1-2 minggu rada seret sih..baca-baca di internet katanya harus dilubrikasi pake silicon spray..yaudah ta cari..ketemu merek “Son of a gun”..
    dilubrikasi pake tu..hasilnya mantap..jadi lancar banget gann..^_^

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s