Rubiks Ori

Rubiks Ori

Selalu ada pertanyaan mengenai dimana bisa membeli Rubiks Cube di Indonesia. Berikut saya coba memberikan ulasannya mengenai jenis Rubiks yang ada di Indonesia.

Rubik Gocengan (the cheapest one)

Type Rubik ini paling mudah untuk ditemui. Dan biasanya berharga sekitar 5 hingga 10 ribu rupiah. Jenis cube ini tidak semuanya jelek. Beberapa yang pernah saya lihat bahkan memiliki spring di tengahnya sehingga mirip DIY cube. Ciri ciri paling mencolok dari jenis cube ini adalah warnanya yang menggunakan plastik dan kadang tidak memiliki skema warna standar (BOY atau jappanese). Percobaan yang dilakukan dengan cube ini bisa  menjadi lumayan bagus dengan lubrikasi, sanding (amplas), dan mengganti warnanya dengan sticker. Tidak ada salahnya memulai dengan menggunakan cube jenis ini. Juara Indonesia Abel brata pada awal ‘perjuangannya’ menggunakan cube jenis ini hingga bisa menyelesaikan dibawah 1 menit. Saya rasa sub 2 menit merupakan tarrget yang ideal jika menggunakan Cube jenis ini.

Rubik Chinese

Rubik jenis ini cukup langka dan biasanya ada di toko2 mainan berskala cukup besar. Berharga antara 25-60 ribu. Kualitasnya sangat baik dan pada umumnya bisa langsung enak digunakan setelah dikeluarkan dari boxnya. Beberapa diantaranya cukup berat bila dibanding Rubiks gocengan dan Rubiks orisinil. Setelah cukup lama digunakan, cube jenis ini akan mudah pop jika digunakan cepat dan brutal.

Rubiks Orisinil

Rubiks.com menunjuk beberapa pabrik manufaktur untuk memproduksi puzzle rubiks dan salah satunya berada di China. Dari sinilah para importir Indonesia mengambil stock untuk dijual di Indonesia dengan harga terjangkau.  Sebuah rubiks cube yang aslinya berharga 11 dolar (tidak termasuk biaya pengiriman) bisa didapatkan dengan harga Rp.90.000,- di Indonesia. Ada beberapa Seller yang menjual Rubiks cube di Indonesia. Anda bisa mendapatkan alamat mereka dibawah artikel ini.

Rubiks Orisinil tidak bisa langsung digunakan sebagai speedcubing setelah dibeli. Perlu beberapa minggu hingga akhirnya sebuah rubiks orisinil bisa digunakan untuk speed. Berbeda dengan DIY cube, Rubiks ori tidak memiliki pegas yang bisa diatur. Untuk bisa digunakan speed diperlukan lubrikasi (silikon, vaseline, waxco, stp,dll), sanding, atau breaking dengan trik tertentu (silahkan search di youtube dengan tag search ‘thrawst breaking cube’). Keunggulan Rubiks orisinil terletak pada daya tahannya. Dan tidak mudah POP out.

Rubiks DIY

Rubiks DIY (Do it Yourself) memungkinkan kita merakit dan mengatur tensi spring untuk menentukan tingkat kerapatan yang sesuai. Semakin longgar akan membuat rubiks mudah diputar, namun retan terhadap POP out. Diperlukan kombinasi yang tepat sesuai dengan gaya masing masing pemain cube.

DIY cube

Jenis Rubiks ini berprinsip sama dengan Rubiks DIY namun dikeluarkan oleh manufaktur gelap (tidak berlisensi Rubiks). Rubiks ini tidak bermerek, dan dikenal memiliki banyak type, mulai dari Type A, B, C, D, dst. Type yang paling banyak digunakan adalah A dan D.

Bagi pemula, sangat disarankan untuk berlatih menggunakan Rubiks Orisinil terlebih dahulu sebelum beranjak ke DIY.  Hal ini sangat berguna untuk melatih fingertrick yang benar sehingga pada kecepatan tinggi tidak mengakibatkan POP out. Bagi anda yang belum bisa mendapatkan Rubiks orisinil dapat menggunakan Rubik manapun untuk berlatih, namun usahakan untuk menggunakan skema warna standar yakni merah berseberangan dengan orange, putih dengan kuning, biru dengan hijau.  

Tempat membeli Rubik di Indonesia

Rubik’s Orisinil sekarang mulai banyak perwakilan dari beberapa kota. Untuk menghemat biaya pengiriman, ada baiknya anda datang langsung atau bertemu langsung dengan para seller yang terdekat dari domisili anda .

Kami menyediakan beberapa pilihan Rubik di Blog ini untuk mengantisipasi mereka yang kesulitan untuk mendapatkan Rubik’ original dengan harga murah di Indonesia. Bandingkan dengan harga yang ada di Rubiks.com berikut biaya pengirimannya ke Indonesia yang lebih mahal dari harga Rubiks cube itu sendiri. And bisa melihat katalog dari barang yang kami jual di blog ini.

Katalog dan cara Pembelian Rubik’s cube.

Anda juga bisa datang dan bertemu langsung dengan menghubungi 08112505222 bagi anda yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya. Sebagai alternatif, anda juga bisa membelinya dari Abel Brata, Jo Charles, dan Tommy. Tidak menjadi masalah dimana anda membelinya, kami akan membantu anda.

About these ads