Cara Menyelesaikan Rubiks cube Dengan Mata Tertutup (Blindfolded)

Standar

BlindfoldedCukup banyak yang menanyakan tentang Blindfolded. Terutama setelah saya posting demonstrasi Blindfolded di Youtube. Artikel ini akan membimbing kalian yang ingin menguasai cara menyelesaikan Rubik dengan mata tertutup (Blindfolded).

Definisi:

Blindfolded 3x3x3 adalah permainan dimana kalian merencanakan dan mengingat solving, lalu mengeksekusinya dengan mata tertutup. Waktu yang dihitung adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengingat seluruh cube hingga selesai mengeksekusinya dengan mata tertutup. Rekor resmi dunia saat ini adalah 47 detik oleh Ville Seppanen. Namun jika anda mampu menyelesaikan dibawah 2 setengah menit, anda sudah berhak masuk ke dalam peringkat 100 dunia.

Rahasia Blindfolded:

Rahasia Blindfolded terletak pada serangkaian gerakan khusus (alogaritma) khusus yang membuat anda menyelesaikan satu atau lebih cubie (potongan kecil pada rubik) dengan hampir tanpa merubah posisi cubie yang lain. Hal ini akan membuat kita mampu melakukannya.

Syarat Untuk mampu melakukan Blindfolded:

Secara teoritis, anda tidak perlumenguasai metode solving umum untuk dapat melakukan BLD. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan untuk BLD berbeda dengan regular solving. Namun akan lebih mudah jika anda memiliki kriteria sebagai berikut:

1. Mampu melakukan solving dibawah (kira2) 40 detik

2. Menguasai minimal separuh alogaritma PLL dan mampu melakukannya dengan mata tertutup.

Metode yang digunakan:

Ada beberapa metode yang dikenal untuk menyelesaikan rubik dengan mata tertutup, namun ada 4 yang paling terkenal dan sangat direkomendasikan.

1. 3 Cycle Orientation Permutation (Shotaro Makisumi)

Metode ini dibagi dalam 5 tahap, yakni mengoreksi orientasi edge, mengoreksi orientasi corner, mengoreksi letak (permutasi) edge, mengoreksi letak (permutasi) corner, dan terakhir membetulkan parity (jika ada). Kelebihan dari metode ini adalah kecepatannya karena sekali gerak mampu mengoreksi 2 cubie sekaligus. Tingkat kesulitan untuk pemula: Tinggi

2. Old Pochmman (Stefan Pochmman)

Metode ini menggabungkan orientasi dan permutasi sekaligus, namun hanya menyelesaikan 1 cubie sekali gerak. Metode ini dalam hal kecepatan tidak mampu mengalahkan 3OP, namun untuk pemula cukup mudah untuk dikuasai.

3. M2/R2 (Stefan Pochmman)

Metode ini memiliki konsep sama dengan Old Pochmman namun dengan gerakan yang lebih efisien. Cukup susah untuk dikuasai oleh pemula meskipun tidak sesulit 3OP. Kesulitan terletak pada perlunya menghafal banyak alogaritma baru dan membiasakan untuk menghitung ganjil/genap selama solve berlangsung. Metode ini mampu bersaing ketat dengan 3OP.

4. Freestyle

Metode ini menghalalkan alogaritma apapun untuk menyelesaikan sebuah cube dengan mata tertutup. Sebagian besar menggunakan commutator. Para pemegang rekor dunia menggunakan metode ini untuk mendapatkan rekornya. Metode ini sangat efisien dan efektif, namun perlu latihan keras, dan banyak berfikir. Tingkat kesulitan : Sangat tinggi, meskipun Ville (Peringkat 1 dunia BLD) mengatakan bahwa menguasai commutator banyak kemiripan dengan menguasai F2L.

Pengalaman Pribadi:

Saya bisa menyelesaikan Rubik Blindfolded sekitar Satu setengah bulan yang lalu, dan waktu saya sekarang adalah dibawah 3 menit dengan rekor terbaik hingga saat ini 2:12.02 (angka cantik).  Solve pertama yang sukses berdurasi 16 menit. Metode yang saya gunakan adalah Old Pochmman dan sekarang bermutasi ke M2 untuk edge dan Pochmman untuk corner. Di video youtube saya, anda bisa melihat demo BLD saya dengan metode pochmman dengan durasi 3 menit 52 detik. Di Indonesia sendiri baru diketahui 4 orang yang mampu melakukan BLD untuk 3x3x3 diantaranya Abel Brata (Pemegang rekor muri untuk pemain rubik tercepat), Stephanus Kusuma, dan Hermansyah (ncah79, mungkin BLD tercepat saat ini).

Panduan BLD

1. Mulailah dengan mempelajari konsep dasar BLD dari tutorial 3OP Macky. Pelajari konsep permutasi dan orientasi, dan bagaimana melakukan Monoflip.

2. Anda bisa mempelajari tutorial lengkap tertulis dari joel van noort tentang old pochmman.

3. Ada bisa menyempurnakan pengetahuan anda dan melakukan BLD dengan menonton video dari badmephisto.

Tips& Trick

- BLD terdiri dari memorisasid an eksekusi, peljarilah eksekusi dengan semua target dengan mata terbuka terlebih dahulu.

- Setelah anda mampu mengeksekusi / ‘menembak’ semua target, cobalah menulis memorisasinya dan melakukan dengan mata terbuka diatas selembar kertas, lalu melakukan solve. Pastikan formula yang anda tulis benar

Jika anda menemui kesulitan, konsultasikan! eksekusi BLD tidaklah sulit. Memorisasi juga bukanlah hal yang sulit. Bagian sulitnya terletak pada ‘bagaimana melakukan keduanya secara cepat’.

About these ads

29 thoughts on “Cara Menyelesaikan Rubiks cube Dengan Mata Tertutup (Blindfolded)

  1. Wuih… gila bener dah pokoknya… aku aja dah pusing liatin algoritma sebanyak itu, blom lagi algoritma untk bikin cross ma f2lnya.. bisa solve 13 detik… moga2 aja bisa solve adlam waktu segitu atau kurang,.,, amin,..

  2. Be-El-De

    cara ngingetnya gmn y tu cubie2nya?
    ad cara khusus atau gmn y?
    mohon petunjuknya.
    skalian mo minta link algoritma yg dipake bwt BLD ( printable pages kl ad)
    shooting,permutation,monoflip,dll.
    thx.

    (sry banyak request)
    >.<

  3. MbahMeong

    Wuiih maenanku waktu jaman jadul skrg koq jadi trend lagi ………dulu sekitar thn 80-an msh sd gw sdh bisa nyelesein tapi rekorku puayah cuman sekitar 2 menitan he….he….he…..maklum kagak pake teori2an kayak anak muda jmn skrg belon ada internetan en komputer waktu itu. BTW anak2 muda jaman skrg huebat2 euy…….!!! Salut……khabarnya Bung Abel rekor tercepatnya sekitar 7 dtk ya….(selisih nol koma detik dng world record)? Tempo hari kalo nggak dicurangi ama Master Dedy gw yakin Bung Abellah yg menang !!! Tapi menurutku Master Dedy juga tdk jelek2 amat krn setahu gw dia punya memory fotografik serta flash calculation
    (punya kemampuan mengingat dan menghitung angka yg cukup hebat) sama spt Master Joe Sandy. Tapi kalo soal Cube Rubiks gw rasa Master Abellah org yg pantas menyandang jawara sejati !!!

  4. LalaLulu

    Itu komentar2 di atas pada beneran tuh bisa solve 2 menitan murni usaha sendiri tanpa di ajarin algoritma apa2 atau metode apapun…., gile, berarti dari sd lo udah ngerti beberapa konsep Group Theory (salah satu branch di Advanced Math) yah, apalagi untuk transform di rubik cube seperti di Heise Method. Salut gw, kayaknya orang Mensa juga nggak ada yang bisa langsung kaya gitu dari SD…hehehe…pasti Iq lo main di 300-an yah…hebat2.

  5. Mas virkill, aq dah ngikutin tutorialny chuck yg ” chuck belajar BLD ” dari part 1 sampe 5, nah…dah rada ngerti sih,.. Tapi praktek yg di kasi tau chuck di part 5 itu kan di speed up n’ layer putih udah jadi semua, nah! itu dia yg bikin bingung Mas…urutan solvingnya tuh piyeeee???

    Slesein 1 layer dulu, baru lanjut ke 2nd layer dst? ato slesein sluruh edge baru cornernya ? ato corner baru edge? …??

    Aq harus bisa nih, haruus!!

    Teserah mau Mas virkill ato Chuck yg bales, dua2ny jg boleh!!..perlu bantuan neeh..KEADAAN GAWAT DARURAAAT!!

  6. Tys

    kalo yang diajari mr chuck sih edge dulu baru corner, tapi mending ke m2 aja kata para expert old pochman buat benginner aja kalo m2 sih lebih advance, kayak beginner method ama F2l gitu, kata expert lagi engak usah lama-lama di old pochman beralih aja ke m2, walaupun di m2 lebih banyak menghapalnya, mr chuck punya kok tutorial yang m2 cari aja di youtube

  7. @ tys : wah, aq blom berpengalaman BLD bro, makanny aq mulai dari old pochmann… aq dari dulu masi konsen di speed 2×2,3×3,4×4,5×5….setelah speed dah mantep, skarang baru mau mulai blajar BLD..

  8. fonda

    virkill w pengen nanya
    PLL,F2L ama PLL mesti di hafal?
    klo kita blom bisa PLL,F2L ama PLL apakah kita bisa melakukan BLD?

  9. ega

    huuh bner tuh kta bang ronald
    gw bingung sma istilah-istilahnya kya BLD, m2, f2l, dan istilah2 lainnya
    soalnya gw masih beginer

  10. hafidz

    saya jadi kepengen belajar rubik cube lebih dalam lagi nih. dulu sempat beli yang 25ribuan. agak keras, susah muter2nya. setelah belajar bisa solve diatas 5 menit. :hammers
    comment di awal2 ada comentnya mas Irilll. kayanya waktu mas Irilll lagi belajar2 nih, sekarang udah jadi master. hebat…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s