BlindfoldedCukup banyak yang menanyakan tentang Blindfolded. Terutama setelah saya posting demonstrasi Blindfolded di Youtube. Artikel ini akan membimbing kalian yang ingin menguasai cara menyelesaikan Rubik dengan mata tertutup (Blindfolded).

Definisi:

Blindfolded 3x3x3 adalah permainan dimana kalian merencanakan dan mengingat solving, lalu mengeksekusinya dengan mata tertutup. Waktu yang dihitung adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengingat seluruh cube hingga selesai mengeksekusinya dengan mata tertutup. Rekor resmi dunia saat ini adalah 47 detik oleh Ville Seppanen. Namun jika anda mampu menyelesaikan dibawah 2 setengah menit, anda sudah berhak masuk ke dalam peringkat 100 dunia.

Rahasia Blindfolded:

Rahasia Blindfolded terletak pada serangkaian gerakan khusus (alogaritma) khusus yang membuat anda menyelesaikan satu atau lebih cubie (potongan kecil pada rubik) dengan hampir tanpa merubah posisi cubie yang lain. Hal ini akan membuat kita mampu melakukannya.

Syarat Untuk mampu melakukan Blindfolded:

Secara teoritis, anda tidak perlumenguasai metode solving umum untuk dapat melakukan BLD. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan untuk BLD berbeda dengan regular solving. Namun akan lebih mudah jika anda memiliki kriteria sebagai berikut:

1. Mampu melakukan solving dibawah (kira2) 40 detik

2. Menguasai minimal separuh alogaritma PLL dan mampu melakukannya dengan mata tertutup.

Metode yang digunakan:

Ada beberapa metode yang dikenal untuk menyelesaikan rubik dengan mata tertutup, namun ada 4 yang paling terkenal dan sangat direkomendasikan.

1. 3 Cycle Orientation Permutation (Shotaro Makisumi)

Metode ini dibagi dalam 5 tahap, yakni mengoreksi orientasi edge, mengoreksi orientasi corner, mengoreksi letak (permutasi) edge, mengoreksi letak (permutasi) corner, dan terakhir membetulkan parity (jika ada). Kelebihan dari metode ini adalah kecepatannya karena sekali gerak mampu mengoreksi 2 cubie sekaligus. Tingkat kesulitan untuk pemula: Tinggi

2. Old Pochmman (Stefan Pochmman)

Metode ini menggabungkan orientasi dan permutasi sekaligus, namun hanya menyelesaikan 1 cubie sekali gerak. Metode ini dalam hal kecepatan tidak mampu mengalahkan 3OP, namun untuk pemula cukup mudah untuk dikuasai.

3. M2/R2 (Stefan Pochmman)

Metode ini memiliki konsep sama dengan Old Pochmman namun dengan gerakan yang lebih efisien. Cukup susah untuk dikuasai oleh pemula meskipun tidak sesulit 3OP. Kesulitan terletak pada perlunya menghafal banyak alogaritma baru dan membiasakan untuk menghitung ganjil/genap selama solve berlangsung. Metode ini mampu bersaing ketat dengan 3OP.

4. Freestyle

Metode ini menghalalkan alogaritma apapun untuk menyelesaikan sebuah cube dengan mata tertutup. Sebagian besar menggunakan commutator. Para pemegang rekor dunia menggunakan metode ini untuk mendapatkan rekornya. Metode ini sangat efisien dan efektif, namun perlu latihan keras, dan banyak berfikir. Tingkat kesulitan : Sangat tinggi, meskipun Ville (Peringkat 1 dunia BLD) mengatakan bahwa menguasai commutator banyak kemiripan dengan menguasai F2L.

Pengalaman Pribadi:

Saya bisa menyelesaikan Rubik Blindfolded sekitar Satu setengah bulan yang lalu, dan waktu saya sekarang adalah dibawah 3 menit dengan rekor terbaik hingga saat ini 2:12.02 (angka cantik).  Solve pertama yang sukses berdurasi 16 menit. Metode yang saya gunakan adalah Old Pochmman dan sekarang bermutasi ke M2 untuk edge dan Pochmman untuk corner. Di video youtube saya, anda bisa melihat demo BLD saya dengan metode pochmman dengan durasi 3 menit 52 detik. Di Indonesia sendiri baru diketahui 4 orang yang mampu melakukan BLD untuk 3x3x3 diantaranya Abel Brata (Pemegang rekor muri untuk pemain rubik tercepat), Stephanus Kusuma, dan Hermansyah (ncah79, mungkin BLD tercepat saat ini).

Panduan BLD

1. Mulailah dengan mempelajari konsep dasar BLD dari tutorial 3OP Macky. Pelajari konsep permutasi dan orientasi, dan bagaimana melakukan Monoflip.

2. Anda bisa mempelajari tutorial lengkap tertulis dari joel van noort tentang old pochmman.

3. Ada bisa menyempurnakan pengetahuan anda dan melakukan BLD dengan menonton video dari badmephisto.

Tips& Trick

- BLD terdiri dari memorisasid an eksekusi, peljarilah eksekusi dengan semua target dengan mata terbuka terlebih dahulu.

- Setelah anda mampu mengeksekusi / ‘menembak’ semua target, cobalah menulis memorisasinya dan melakukan dengan mata terbuka diatas selembar kertas, lalu melakukan solve. Pastikan formula yang anda tulis benar

Jika anda menemui kesulitan, konsultasikan! eksekusi BLD tidaklah sulit. Memorisasi juga bukanlah hal yang sulit. Bagian sulitnya terletak pada ‘bagaimana melakukan keduanya secara cepat’.

About these ads