Step by step menyelesaikan rubik’s cube dibawah 20 detik

Standar
Shotaro Makisumi

Shotaro Makisumi

Sebelum anda berharap terlalu banyak dari artikel ini, kami memberikan sedikit klarifikasi.

- Dengan membaca artikel ini tidak berarti anda dapat menyelesaikan rubiks cube dibawah 20 detik dalam hitungan jam atau hari. Menjadi seorang sub 20 speedcuber memerlukan latihan yang tepat selama berbulan bulan bahkan tahun.

- Artikel ini, hanya memberikan saran langkah demi langkah yang bisa anda capai bagi anda yang ingin menjadi sub 20 speedcuber.

- Artikel ini diintisarikan dari video how to be a speedcuber buatan badmephisto dengan beberapa penambahan.

Setelah sedikit membaca disclaimer diatas, mari kita ketahui, apa itu speedcuber. Makna dari speedcuber sendiri sebenarnya cukup sederhana. Yakni mereka yang menyelesaikan rubik’s cube dan senantiasa mengejar kecepatan. Karena ini hanya merupakan permainan, maka orang orang ini, para speedcuber hanya melakukannya untuk kesenangan. Sebenarnya tidak ada tolok ukur pasti yakni pada kecepatan berapa seseorang bisa disebut sebagai speedcuber, namun ada semacam daerah suci yakni kecepatan tertentu yang hanya bisa diraih oleh orang orang tertentu. Artikel kali ini mencoba mengupas level level yang bisa dicapai dan digunakan untuk menjadi speedcuber dengan average dibawah 17 detik atau bahkan kurang. Ada begitu banyak materi menarik tentang cubing yang bertebaran di internet. Permasalahannya adalah, banyak orang yang tidak tau bagaimana memulai, kapan mereka harus belajar sesuatu yang baru. Here we goes….

1. Begginer’s method : Bagi anda yang belum pernah menyelesaikan sebuah rubiks, inilah yang perlu anda cari. Banyak sekali artikel yang menjelaskan cara menyelesaikan rubik’s cube untuk pemula. Mungkin anda ingin menjadi orang yang mampu menyelesaikannya dalam waktu 5 menit, 2 menit, atau dibawah 1 menit, anda bisa memulainya dari sini. Pada umumnya beginners method dibagi dalam 7 langkah. Anda hanya perlu menghafalkan urutan langkah dan sedikit (7-12) alogaritma. Dengan metode ini, anda bisa mencapai level 2 menit. (Lama pembelajaran : 1-2 hari)

2. Fingertick : Fingertrick adalah tekhnik menggunakan jari untuk melakukan gerakan gerakan tertentu dalam memutar rubik’s cube secara efisien. Ada banyak materi yang mengupas tentang ini dan kami sangat merekomendasikan anda belajar melalui video. Fingertrick yang baik bisa jadi merupakan kunci yang paling penting yang menentukan seberapa cepat seseorang mampu menyelesaikan rubik’s cube. Anda bisa mengetahui kelihaian tangan anda dengan menghitung berapa gerakan yang bisa anda lakukan dalam 1 detik. Dengan fingertrick yang baik ditambah dengan sedikit kejelian dalam melihat gerakan selanjutnya, anda dapat mencapai level solving sekitar 1 menit. ( 1-2 hari, namun perlu sedikit lama untuk membiasakannya)

3. Keyhole Method. Metode ini adalah metode jalan pintas untuk menyelesaikan layer 1 dan 2 secara lebih cepat. Anda akan menghemat beberapa gerakan yang perlu anda lakukan dalam beginner’s method dengan metode ini. Disamping keyhole, anda juga bisa mencari shortcut2 sebagai pengembangan dari begginners method. Misalnya, jika anda belajar melalui tutorial Dan brown, maka anda bisa melihat video lanutannya berjudul how to solve a rubik’s cube faster.

Lakukan langkah 1,2, dan 3 hingga anda mencapai level dibawah 1 menit, atau setidak tidaknya 1,5 menit. Ini akan memakan waktu 1- 3 minggu (dengan latihan teratur setiap hari).

4. 2 look OLL dan 2 look PLL . Ini adalah saatnya kita mulai bermigrasi ke Metode Fridrich. Belajar ‘separuh’ last layer dari metode fridrich akan cukup memotong waktu kita hingga beberapa detik. Untuk metode 2 look OLL ini anda perlu belajar 7 jenis alogaritma untuk PLL ditambah 2 alogaritma transformasi. Smentara untuk 2 look PLL minimal anda perlu mempelajari 2 alogaritma, lalu megembangkannya menjadi 4.

5. F2L. F2L adalah langkah ke dua dari metode fridrich murni. F2L merupakan tekhnik menyelesaikan 2 layer pertama sekaligus dengan menggabungkan edge dan corner dan memasukkannya kedalam slot di keempat sudutnya. Perlu waktu lama untuk benar benar menguasai F2L. Dalam keseluruhan metode friddich, seberapa lama anda mampu menyelesaikan f2L merupakan penentu kecepatan anda. Bagi anda yang mampu menyelesaikan rubikd alam waktu 1 menit dengan metode beginner, akan mengalami pelambatan waktu yan signifikan ketika belajar f2L dikarenakan f2l lebih membutuhkan logika. Bahkan jika dilakukan dengan menghafal alogaritma tetap akan memakan waktu lama untuk benar benar menguasainya dikarenakan jumlahnya yang cukup bayak (42 alogaritma) Namun seiring berjalannya awktu,

6. Full PLL
Setelah cukup baik dengan F2L (usahakan anda bisa menyelesaikan cross dan F2L dalam waktu 35 detik) Anda bisa mempelajari Keseluruhan Alogaritma PLL.
Total ada 21 Alogaritma yang harus dipelajari. Full PLL berfungsi menggantikan 2 look PLL. Dengan mempelajari ini anda akan menghemat 3-4 menit. Full PLL bisa dikerjakan secara bertahap hingga akhirnya mencapai 21 keseluruhan alogaritma. Pada level ini anda dapat mencapai kecepatan hingga sub 25.

7. Full OLL
Bagi anda yang terbiasa menggunakan 2 look OLL hingga mencapai sub 25, maka mempelajari Full OLL hanya akan menghemat waktu 2-3 detik. Namun langkah ini adalah langkah yang harus ditempuh untuk mencapai sub 20. Anda harus menghafal 50an alogaritma PLL untuk menguasai tahap ini.

Setelah menguasai poin 1 – 7 maka berarti anda telah menggunakan Full Jessica Fridrich method. Dengan mengoptimalkan metode ini. Anda bisa mengcapai kecepatan kurang lebih 16 hingga 20 detik. Setelah anda menguasai Metode ini secara optimal, anda bisa mempelajari beberapa tekhnik tambahan untuk menyempurnakan Metode Jessica Fridrich seperti dibawah ini.

8. Multi alogarithm
Masing masing alogaritma dari Metode Jessica Fridrich hanya bisa diaplikasikan pada pola tertentu yang terkadang kita harus memutar rubik (y, y’, y2, dll). Mempelajari multi alogarithm artinya alogaritma yang bisa digunakan pada posisi lain dalam 1 pola. Banyak situs yang menyedakan alogaritma tambahan ini seperti cubewhiz dan cubestation.

9. Multi slotting
Multi slotting pada hakikatnya adalah memasukkan sebuah pair sementara kita menyiapkan pair lainnya sehingga mudah untuk dimasukkan. Tekhnik ini digunakan untuk menyempurnakan F2L.

10. Extended cross
Extended cross merupakan penggabungan dari metode blok building seperti petrus dan melanjutkannya dengan friddrich. Pada awalnya kita membangun rubik dengan dimensi 2x2x2 sehingga pada akhirnya kita akan mendapatkan sebuah cross ditambah 1 pair yang telah berada di slot yang benar.

About these ads

214 thoughts on “Step by step menyelesaikan rubik’s cube dibawah 20 detik

  1. waw … ternyata selama ini gue baru tau .. gue baru masih yang teknik ke 1 .. rekor 1 menitan ..

    btw, mau ngobrol2 dong!

    1 lagi, gue beli rubiks 3×3 di singapore, dan .. gue beli yang speed cubing, bisa dibuka, dapet cairannya itu, tapi .. kalo gue kencengin mur nya, yaa malah jadi seret lagi .. gimana ya tipsnya biar bisa speed cubing ? udah dipake lama kok sekitar 5 bulan .. thanks!

  2. virkill

    waw… nggak tau tuh bro.. yang dari singapore yang kyk mana… mereknya Rubik’s DIY? Yang ada obengnya juga?

    Sebenernya, sebelum belajar fingertrick yang bener, disarankan pake rubiks ori. Bukan yang DIY type. Nanti gampang POP bro…

  3. iya rubiks ori gue .. merk ya rubik’s cube .. ada ym ato msn ngga? email me dong, ngobrol2 dong , dari tadi gue nyari2 algoritma laen nih tapi bingung liat tutornya ..

    gue malah gatau DIY itu apaan .. hoho

  4. ^_^ Lagi pengen belajar nih…!!

    Kemarin sudah baca-baca tutorial how to solve rubik’s cube versi beginner. Lumayan. Tahap pertama, dapet waktu 10 menit. Itu pun dengan rubik’s cube yang gak enak dipake. Rencananya, besok mau beli yang ori-nya. Biar enakkan diputernya…

    bagi-bagi ilmunya ya…!! :)

  5. ihaterain

    Warning: Setelah nanti dapet Rubik yang ori, harus di break, dan lubrikasi dulu bro, biar nggak seret. Atau dimainin aja nggak perlu di “break”, ntar dalam sebualan udah bisa jadi senjata andalan.

    Rubik mirip sepatu ice skating, habis beli nggak bisa langsung dipake…

    YMnya VirKill : Virkill182

  6. Halo salam kenal… aku baru belajar rubik neh… sejauh ini rekor tercepatku baru 1’45” an. Kebetulan anakku juga demen maen ini, rekor dia rata-rata 2-3 menitan pake metode dasar, karena masih pake rubik abal2 25rb an, mungkin ntar kalo pake yg asli bisa upgrade speed nya.

    Eh, ntar boleh kontek YM nya yah buat ngobrol belajar rubiknya. Makasih juga buat banyak artikel rubiknnya. YM ku: masradex

  7. okkie

    Setelah 20 tahun..akhirnya gw bisa juga main rubiks cube…cuma waktu gw paling jago…mentok – mentok cuma 2,5 menit….tapi yang penting gw seneng banget…soalnya dari 100 orang, yang bisa main cuma 3 orang….Tar gw mo nyoba yang 4 x 4 x 4 ah…kayaknya seru tuh…

  8. diez

    aku baru belajar sekitar 2 mingguan, n hasilnya sudah mencapai 2,5 menitan. itu juga pake rubik yang gocengan alias beli di pasar malam, hehehe….
    bro add YM aku ya, YMku : diez_cs
    soalnya aku pengen jadi master of rubiks yg bisa mecahin dibawah 20 detik (sampe gak ya???)
    thanks bro.

  9. Bro

    pren.. mau nya kalo tiap kali meet cube ada waktu untuk ngajarin yang belum bisa.. dari belajar finger trick.. speed solve pake cara apa… kalo perlu dari langkah awal… he he he…
    kan kasian yang pada lom bisa…
    liat aja… yang jago tambah jago.. yang ga jago tambah bengong…
    mau nya ada time tuk unjuk gigi… ada time untuk bagi ilmu…
    jadi meet cube nya ga sia2 bagi para pemula…

    kan ga asik tuh kalo yang master2 asik main.. yang mister2 nya cuma melongoin doank…
    aku yakin anak2 yang ga bisa solve cepet..apalagi yang ga ngerti blak niat dateng ngumpul2 biar bisa dapet ilmu… bukan dapet tontonan doank..

    oke bro.. sekedar masukan saja… mudah2an ditanggapi dengan serius….dari pada ntar anak2 yang ga bisa main rubik, skali dateng ngerasa ga dapet ilmu dari meet cuber jogja,tar malah ga mau dateng2 lagi..
    biar anak2 cuber jogja tambah banyak aja sih bro…
    oke cuuy….. hidup cuber jogja…!!!!

  10. Bro

    oh iya satu lagi pren…
    di halaman ini kan mbahas tentang how to solve in 20 seconds…
    saran dikit donk….hehe

    disini kan ada mbahas.. ::

    Keyhole Method..
    2 look OLL dan 2 look PLL..
    F2L..
    Full PLL..
    Full OLL..
    Multi alogarithm..
    Multi slotting..
    Extended cross..
    ….
    nah… aku pribadi..sebagian aku ada yang ngerti ada juga yang engga….

    kebetulan juga khan.. orang yang baca halaman ini belum tentu sudah ngerti..ato malah belum tau apa2…. bisa aja kan orang yang pengen jadi cuber bingung.. “rumus apa noh..??” “kode apa noh..??” ato malah “seri rubik apa noh..” hehehe

    jadiiiiiii

    mbo ada halaman penjelasan tentang step itu bagaimana…
    …dari Keyhole Method.. sampe Full OLL …

    kalo perlu pake penjelasan yang ada gambar nya biar lebih mudah di mengerti…
    kan enak tuh cuy….

    malah lebih bagus lagi kalo ada link download ebook nya semacam pdf..
    jadi orang bisa belajar di rumah… ga perlu di warnet… hehehe….

    begitu deh tambahan suara dari saya…
    ditunggu perkembangannya…
    mathur sembah nuwun….. heuheuheu…

  11. @cuber
    Beginner method ntu yang layer1 dan layer 2nya diselesaikan secara terpisah bro. Total ada 7 langkah.

    @bro
    Thanks atas masukannya. Sebenarnya setiap cube meeting sebelumnya selalu ada sesi cubing clinics, terutama yang paling sering diulang ulang adalah F2L dari Adenk dan Yudhi Begex (ilmu F2L mereka yang lebih mumpuni). Tapi memang tujuan utama dari cube meeting adalah ngumpul2, main bareng dan tukar menukar ilmu dan trick, bukan kursus. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya langsung pada mereka yang diangap lebih bisa. Begitulah yang terjadi pada setiap cube meeting. hal ini dikarenakan level setiap orang berbeda beda sehingga perlu kesadaran diri untuk sekedar ‘bertanya’ bukan berdiam diri menunggu asupan ilmu. Dengan segala kerendahan hatinya Yudhi yang 16 detik average belajar megaminx pada Fikiri yang bahkan belum tembus 1 menit pada speedsolve. Saya Pun datang ke solo dan belajar F2L pada Adenk dan Yudhi. Dan begitu seterusnya, mohon lain kali untuk lebih aktif bertanya.

    Second Note:
    Hampir seluruh cuber disini belajar lewat internet. Jika kebetulan ada detail yang kurang dimengerti, saya dan rekan rekan lain bertanya kepada mereka yang lebih bisa. Kebanyakan dari kami tidak diajari 100% dari orang lain. Dalam halaman ini memang rencananya menyediakan link pada masing masing materi, namun belum sempat diupdate. Lagipula google akan selalu ada. Saya rasa tidak begitu sulit untuk sekedar mengetikkan kata ‘keyhole method’ pada google bar.

  12. Bd

    @bro
    kalo didunia pendidikan terkenal dgn CBSA
    di rubik ada CNSA (cara ngerubik siswa aktif) haha. Intinya ‘malu brtanya sesat djalan’

  13. Bd

    @virkill
    trik lu utk ngapalin oll gmana? Utk ngebentuk paternnya? Pake ilmu pell* ato rewind**

    **ga sukses dbeberapa patern
    *bikin lusuh rubik, bayangin pel-cab(tempel-cabut) utk 34 patern

  14. @willy
    Wedew, belum nyoba tuh bro…. Paling poll ngulik petrus ama freestyle commutator..

    @bd
    OLL gw gak apal bro….cuman apal 15an kalau ga salah. Ada beberapa alasan:
    1. Belum fokus ke speed 3x3x3
    2. Pengen buktiin bisa sub 20 average dengan 2 look OLL
    3. Nunggu F2L+cross bisa sub 10 detik dulu

    Dan so far itu cukup untuk sub 25…

  15. andy

    wiw.. supaya cross ama f2l cepat gimana ya ? gwa masih stuck di ~1 menit.
    btw gwa pake keyhole method di second layer nya. Apa ini udah betul, cuma harus cepetin tangan aja ya ?

  16. @willy
    Masalah waktu bro…ntar juga bis anyalip ane…hehehe

    @andy
    Belajar Keyhole sebenarnya gak penting2 banget. Saya sarankan langsung pindah ke Fridrich F2L. Belajar F2L memang agak lama, tapi seiring waktu bisa menjadi sangat sangat cepat.

  17. Wuih, sip banget tuh caranya. walaupun masih agak bingung. salam kenal yah… aku masih newbie kalo urusan rubic cube. udah bisa tapi masih agak lama nyelesaiinnya. kapan-kapan mau beli yang ori. tapi klo sekarang blum punya uang. heheheh… mampir ke blogku ya guys.. blognolsatu.blogspot.com

  18. Dana

    oi oi oi,
    gw member baru nih
    salam kenal y…

    bang virkill!
    gw bingung nih tentang istilah2 yg ada di website sini,
    gak ada yang jualan kamusnya apa y?

    hehehehe

  19. @wILLY
    F2L adalah ilmu yang hampir tidak pernah habis dipelajari, selalu ada optimal insertion, multislotting, xcross, MGLS, dll yang membuat F2L sangatlah kompleks. Semakin ahli kita dalam F2L, semakin besar kemungkinan kita mampu menyelesaikan rubiks cube dengan lebih cepat.

    @beyond
    Awalnya emasng masih nyari2 bro. Tapi lama lama nanti mata kita akan otomatis menangkap, main logika, dan mengabaikan warna kuning. Just practise, go slow, look ahead…

    @frankdick
    Sekarang udah maju kan bro? hehehe

    @beyond
    Erik Akkersdijk punya kakek orang indonesia asli. Sahabat dekatnya, rama Temmink yang memegang rekor dunia untuk one handed average juga putra dari orang Indonesia asli.

    @Rizki
    Yeph… betewe, blogmu bagus bro

    @Dana
    Coba masuk http://cubefreak.net disana ada halaman glossary yang sangat lengkap tentang cubing

  20. yudi

    selamat buat master2 cube.
    saya sdh lama kenal permainan ini dari kecil tp saya sampai skrg msh blom bisa menyelesaikannya.
    mohon bantuannya master

  21. yudi

    master saya awam sekali dimana saya mesti belajar
    di google ada versi indonesia ga.
    saya bnr2 bth bantuan master

  22. alfanur

    Mas Arif, saya belum tau istilah2 F2L, misalnya intuituf, look a head, dan sun parking, tolong dijelasin mas, makasih

  23. Wah… aku dah pake f2l tapi masih aak bingung bikin cross di bawah 5 dtk. trus f2l yang bener thu gimana ya? aku pake algoritma sendiri je, jadinya agak lama… kalo meet cube, aku dikasih tau ya mas vir…

  24. lisandra

    waw..
    smuax pada keren maen rubiksnya..
    gw dah knal rubiks dr lama,tp bru aja beli rubiks td pagi d mall..hehe

    pas tw gw bli,temen gw lngsung ngacak2 rubiks gw..
    trus gk bsa gw blikin lg..
    gmana neh??

    mohon bantuanny mas2..mbak2..

    klo da info,tlg share jg k gw ya..
    email gw levee@ymail.com

  25. Aldi

    halo semuanya, minta saran doong

    gue dulu ngehafal begginer method layer per layer itu semalem aja, trus belajar F2L sehari udah bisa, cuma mungkin masalah sama rubik’s ori gue yang blom di break + rublicant, jadi belom bisa belajar fingertrick dgn bener (keraas muter rubik’snya), average kira-kira 1 stengah menitan
    nah, kalo udah di lubricant trus belajar fingertrick naek ga ya averagenya?
    tapi blom belajar OLL sama PLL nihh

  26. urakanzz

    mao nanya dong, gua msh belajar niy maen rubik. dl c prnah diajarin tp udah lupa lg. gua baru smpe di tahap tinggal satu baris atas blm sama.
    ajarin dong.
    gua udah download tp ga ngerti”..
    please..

  27. Iyuz

    Rubik rubik rubik… Jengkeelll… ajarin gw donk… Biar berjam jam yang penting bisa dulu. Trus terang dan gag ngerasa bangga aku blm pernah bisa nyelesein rubik.. Ada ym gag? Pengen bgt nanya2.. Thx bwanget!!!

  28. liana

    saya sudah mencoba menyelesaikannya , tetapi tidak bisa
    tolong mohon bantuannya
    kalo ada gambar penuntun untuk menyelesaikanny , say minta di kirimi

  29. hillkid

    wew, banyak bener…ane baru pake F2L,full OLL & PLL aja udah klenger….

    rekor…30 detikan… :)

    mas vir, mo nanya…klo cube 2x2x2 tu ga ada teknik khusus ya?? soalnya q liat di youtube ada yang 2 ato 3 detik tu gimana caranya ya??

    please di jawab..thanks

  30. phandu

    hayyy semuwa…

    q baru kenal rubik kemarin sekitar 2mingguan..
    q pengen di ajarin biyar bisa nyelesein dalam waktu cepet gmana cara na ya…

    lok q mainan thu paling cepet cuma 2 menit 10 detik..

    tang q g apal thu rumus2 na…
    ada g tho rumus yang singkat..
    ma q juga masig g bgtu bisa mainan pake jari…

    mohon bantuan na…

  31. fadli

    salam kenal..ingin mperdalam ilmu ttng rubik’s cube, baru baljar kira2 4 minggu kurang..hehhe

    paling banter nylsain sub 57 dtik pake cara beginner… msh lambat..

    bagi2 tips dong mas vir…. :D

  32. swanto

    alo bro kirain judulnya “step by step” ada dibagi algoritmanya disini :( , barusan beli 4×4 cube nich beginner :P lagi cari algoritma

    mohon bantuan nya, how to start (kalo bole email ya :P)
    thx in advance

  33. johnny

    kk vir..
    lagi mau belajar speed cubing nih…
    saya mw minta link buad multisloting f2l n extended cross ada???
    oia sekalian yang MGLS…
    saya cari2 gk ketemu2..
    hehehe..
    thx b4…

  34. Adentya

    Q dh berhasil ngeresolve rubik 3x3x3 nie mas!? Tp itu pake beginner method. Yah, wktu yg q tempuh sktar 2 mnitan dan pake rubik yg kacangan.
    Klo boleh tau tempat2 yg ngejual rubik ori dmn yh mas?? Thanks jwabannya yah…..

  35. fery

    selamt malem dan tahun baru, mas virkil (arif),
    punya gak rubik’s jenis
    – chinese DIY cube type c (rubiks diy replica)
    – chinese DIY type e (dian sheng)
    – chinese DIY type f (sheng en) dan
    – C4U
    beserta harganya sekalian, mohon dibalez..
    klo ada entar tak samperin keshapire

  36. ref

    aku paLingan 3menitan…….
    masi pake metod beginners…..

    masi pusing cara cepat buat cross ma cara cepat selesaikan layer 1,2 nya…..
    F2L itu gimana sihh??? kok alogaritmanya kayak panjang2….

    Aku mw titip ma Ade’ aku buat beLi rubik di Mas VirkiLL…….. heheeee
    semoga masi ada yahhh..
    Mas bisa minta CD tutoriaLx gak???

    Maap nihh banyak tax……
    Makasihh Mass VirkiLL…

  37. ryhunt

    gw dah bisa 50dtk tu average
    step 5 kynya q btuh bantuan
    gmn sih?
    cari lagi tutorial F2L???
    yang pake logika?
    atau ngapalin rumus???

  38. virkill

    @ref
    Cari video ttg F2L di youtube. Pada dasarnya menyelesaikan layer 1 dan 2 per slot sekaligus

    @Hari
    Congrats

    @ryhunt
    Belajar fingertrick dan latihan

    @bimbim
    semangat bro

    @ilham
    mirror ready :)

  39. MR. Nara

    Mas,,boleh tanya g. . .
    q dapet kendala soal cara ngliat n cari warna waktu F2L. .
    biar bs hemat waktu gmn ya tips nya??

    n ada alamat yg jual rubik ORI murah g??
    hehehe. . .

    virkill: F2L msalah kebiasaan. Nanti juga terbiasa dan cepet. alamat ori yang murah? Ada di web ini :)

    tlng masukan nya ya. .
    cz q udh nyampk F2l n FULL OLL n FULL PPL tp waktunya cm bs 40detik kurang lebih. .
    thx b4

  40. ptb

    mas virkill//

    sy pemula

    cross ..dikit dikit udah bisa
    F2L ..dikit 2 jg bisa
    cross di layer 3.jg dikit bisa//

    kemudian menyelesaikan layer 3 nya kesulitan//sy dah donlot tutorialnya, tp untuk yg layer 3 agak susah mas//

    adakah tipnya??

    virkill:
    layer 3 bisa dilakukan dengan 3 look OLL. Sudah ada artikel saya yang membahas tentang itu

  41. rens

    cara menyelesaikan rubik3x3 langsung semua layer gimana ya n bisa saya dapet video nya atau bisa kkasih sityus yang terpercaya

    virkill: langsung selesai? humm.. pake metode OCE

  42. riedhoe7

    hahah, akhirnya nemuin cara menyelesaikan rubik dengan wktu 45 detik ! yess. menjdi tercepat ke2 dikelas !

    virkill: congrats. next: tercepat nomer dua di indonesia :)

  43. dimasselly

    hm temen temen gw udah pada bisa maen rubiks cube ko gua ga bisa ya,
    tolong dong gimana caranya, temen gw gag mau ngajarin
    thanksss

    virkill: blajar sendiri lewat internet bisa. atau main aja ke saphir square

  44. randy

    bro virkill..
    saya mo tanya2 seputar rubik n jg mgkn pembelian rubik VC..
    saya uda sms bro..
    yg dari manado itu..
    klo boleh ngbrol di sms ato gak di ym..
    ok??
    virkill182 kan?
    aku da add..

  45. adi

    bro virkil…mau tanya nih…rubik yang ori bisa di bongkar gak/ada bautnya gak??bulan lalu gue rubik di sini trus skrg rada susah muter2nya n kyknya sudah mulai longgar…haha…maklum dipake belajar…bisa gak ya rubik ori yang ukuran 3×3 dikencengin lagi bautnya??oiya ymnya apa bro??add gue donk…

  46. rio

    @adi
    rubik ori ga bisa dibongkar gan… paling cuma piece2 nya aja yang bisa dicopot, center capsnya ga bisa(bisa sih dipaksain) tapi ga ada gunanya, waloupun udah dibuka center capsnya, tetep aja bautnya ga bisa dikencengin.gara2 pabriknya pake semacam mur yg ga bisa diseting lagi

  47. near

    near

    mas virkill aq dh belajar f2l, 2 look pll n 2 look oll tp kok lama bgt y nelesain rubiksnya…paling edan 58 detik-1.10 detik n lucky pake biginner methods 45 dtik..mw belajar extended cross kok malah ribet cz alogoritmanya intuitif..mas virkil kalo sub 20 tu ngebuat cross brapa detik y apa rahasianya..?buat f2l berapa lama? n buat OLL+PLL berapa lama?

    satu lagi kalo gw br bli rubik ori..buat bikin enak eksekusi alogaritmanya rubik kudu d lumasi kan?…nah pake getsby stailing hair bisa gax? heheh..

  48. begee

    Tapi saya masih bingung dengan artikelnya ..
    apa kalo mencapai waktu 20 detik ada rumus lainnya …
    saya pake cara yang liat di youtube..
    Tapi paling cepet cuman sampai 46 detik itu juga masih pake Rubiks 3×3 yang non Ori ,
    Tolong yack kk ajarin caranya biar bisa 20 detik atau ada rumusnya lagi gituh ..hhe? Saya juga mau beli rubiks yang 3×3 ya ..
    Toko atau tempatnya dimana yach ..??
    tolong di bales yach ..
    makasih

  49. ka_ka

    halo smw…
    aku juga lagi belajar…
    baru aja 2 bulan maenan baru nyampe sub 40…
    masi bingung sama fingertrick…
    bisa minta tolong ato saran??kadang masi 2 look PLL and OLL…

  50. donny hendrawan

    sore,,,
    salam kenal dari donny disamarinda,saya baru belajar main rubik 3×3,,,pakenyajuga yg biasa 35rb,ada juga beli yg 4×4 glow in the dark,,,sekarang saya mau beli yg ori tapi kurang info yg mana yg bagus untuk pemula seperti saya.tolong add saya di YM bos,,,,biar bisa konsul

    thank’s

  51. luccas

    saya baru 2 minggu belajar main 3X3… namun baru bisa mencapai 1menit 20detik…

    kl mau lebih cepat lagi bagaimana yah ???

  52. seorang cuber

    Mas, saya kok pake 4 look last layer masih sub 35 ya, apa yang salah ya mas ?? Dan satu lagi, di F2L saya pake intuisi, berarti belum ngafalin algo f2l

  53. ananda

    keren…saya baru blajar pas hari minggu kemaren…mulai jam 10 pagi sampe jam 6 sore…itu pun pake rubik asal-asalan yg di bliin nyokap….waktu tercepat wa masih 3 mnit 22 detik….sampe rusak rubiknya tuh….niatnya saya mau bli yang ori….kira-kira harganya brapa yach ??? klo mau bli kira-kira di mana ??? saya anak malang….klo ada anak malang beritahu aku donk…mail me di aamalang@gmail.com ya….thx for all

  54. Shin

    kan tu da 7 langkah y?
    trs q bngung rumusnya gmn,ky F U R L B gt deh,kalo da yg tw tlg di emailin y?
    tb4

  55. Davztweaker

    Wah yg PLL gmn y???? Aku aja pake beginner 5 mnt trs… Padahal uda lat terus apa ada yang salah y? THX all

  56. satya

    bagi2 rumus donk, Q ud bz maen rubik, waktu tercepat ku 1,25″ , itu pun pakek rubik yg merk nya cube. Klo’ rubik yg merk nya ori b’rapa hrg nya ?

  57. bro.,.,.,kasih tau cra menghapal algoritmax aku dah hapal f2L OOL PLL tapi baru setengah please bro kasih tw qw aku mw ikut lmba rubik qw pengen qw jdi juara 1 tapi klo jdi jwara 2 juga gpp please tolong di

    BLZ

  58. aditya bayu

    yohoho……………
    kk aku mau duel sma kk bsa gg ya
    salnya w dah bsa ampe 9 menitan
    w mau cba liat orng jgo maen nih
    tr kta maen breng klo bsasih jdi klep
    breng” ok w bru maen ko kra” bru 4 mingguan
    gtu deh ok

  59. aditya bayu

    yohoho……………
    kk aku mau duel sma kk bsa gg ya
    salnya w dah bsa ampe 9 menitan
    w mau cba liat orng jgo maen nih
    tr kta maen breng klo bsasih jdi klep
    breng” ok w bru maen ko kra” bru 4 mingguan
    gtu deh ok w tungguin jwaban ok

  60. bagush

    gw beli yg 40-an ….
    susah banget belajar rubik…..
    sampe2 gw pernah copotin rubiknya….

    gw coba browsing,sama aja….
    bahasanya sulit dimengerti…

  61. muff

    bro gw sekarang lagi ngelatih f2l,

    tapi sangat lambat di look ahead, jadi selalu ada jeda setiap behasil 1 move dan ingin nentuin warna apa lagi yg bakal gw solve, ada tips gak buat ngurangin kebiasaan buruk ini ?

    cross + f2l gw masih di kisaran 55-65 detik, T_T,

    oh ia gw gak ngapal f2l, sebagian besar pake logic/intuisi aja, apa gara2 ini juga yaks ?

  62. Azun Zee

    Aduuuh…..
    tolong donk kasih tau rumus tercepatnya dibawah 20 s.
    aku baru bisa rumus biasa=1 menit 16 detik…..
    tolong ya…

  63. rens

    (for muff):
    saya dulu juga menggunakan logic dlam f2l tp tidak cukup hanya dengan logic, dulu saya hanya berpikir logic saya cukup bagus,tetapi setelah saya sedikit demi sedikit hafal lmayan naik rekor saya keep trying

  64. rens

    for: Azun Zee
    untuk bisa mencapai sub 20 tidak lha mudah karena perlu kerja keras, coba lah f2l dan pahami secara dalam

  65. maman

    saya baru coba2 rubik 3x3x3. saya coba2 ndiri cuma bisa mpe 2 tingkat az

    dg dasar putih.

    gmn cara nyelesaikannya? klo bisa kirimin langkah yang berupa gambar ya..

  66. digezter

    bro virkill.. itu f2l bener2hrus logika y??
    cz sy bingung bgt, susah f2l.. ad bbrp kondisi yg buat lambat gt, rekor sy cm 1.07m.. rata2 1.17-1.25m…
    mohon bantuan…

    VirKill:
    nggak sih, mas wicak pengarang buku best seller rubiks itu menghafal ke 42 algo f2L. walaupun sebagian besar lebih suka intuitive

  67. beginnerz

    kk ada rumus yang cepet ga aku masih make yang beginer method maklum baru belajar rekor ku make beginer method 1menit 47 detik

  68. ringgi virginnity

    ..huuh……!!!!! -___-‘
    .,cuma tulisan jjha……,,,, mana rumus.na……???!! :@
    .percuma deh buka web ni……
    ..,kan bagi” rumus kan baegh…….???? ^^ :D

  69. matz

    Seminggu yg lalu aku beli rubik 4×4 , dan sampai sekarang ngak bisa solved, mentok cuma center, ada rumus yg jitu untuk edge , aku sampai sumpek gak iso-iso, help my please

  70. ekirzy

    permissi kok susah bngett ya nyelesein rubik kurang dri 1 menit paling – paling yg trcepett cuman 1 mnit 6 dtik,…!!!

    apa ga ada cara lbih cpet,…???

  71. seventh

    tertarik maen rubik pertama iseng aja neh, tau ada berbagai macam rumus jadi pengen tau neh,..jika ada yg berminat share ilmu tolong email ke just_onez80@yahoo.com dong rumus F2L nya dan cross. atas kiriman agan2 saya ucapkan terima kasih..
    semoga tambah speed cube nya

  72. alex

    salam kenal aja bro…

    rekor sementara aq 1’08 menit tapi jarang2 bgt,,, tolong bagi tricknya dong biar lebih gampang…

    tQ,,,,

    salam cuber

  73. wahhh lumayan juga postingan lo bro……
    ada cara yang lebih super cepat ga’ bro…?
    soalnya gue hanya bisa 26,…… detik bro……
    susah juga ngejar rekor dunia……..
    wkwkwkwk………………….

  74. acung wen

    ad yg tau step selesai in rubik 9x9x9 gx???
    klo ade kasi tau ye.
    klo rubik3x3x3 mah gw gx mampe 13 detik.
    gw suka ye main yg rubik 5x5x5 dan 9x9x9.
    5x5x5 pernah 1 kali gw mampe waktu 1menit 29 etik.
    9x9x9 um pernah selesai.
    klo ad yg tau step step ye mohon kirim ke email gw.
    seal.ghost@yahoo.com

  75. Galuh

    tolong bantu aku cara mainnya……….
    dari dulu aku gax ngerti………

    bagi yang tau cara mainnya…….
    hubungi aku 083151057280

  76. Shamuya

    misi gan,.,
    numpang tanya neah,.,

    sampean ada punya tutornya Rubiks Fisher gk,.?
    klu ada tolong d’share yaA gan,.,

    thank’s,.,

  77. isfan

    slam knal, kak virkill sya bru blajar nyelesain rubik cube 3×3,, mw nanya, udah blajar beginner method, trus ap lagi,,
    trus mw mnta website tntng blajar rubik 3×3 dong,,

  78. I Wayan Gede Eka Sukaryana

    Saya baru 4 bulan bermain mengenal rubiks dan punya banyak koleksi rubiks, tapi sampai sekarang masih memburu beberapa rubik terbaik di antaranya 3×3 edison dan virkill cube, 4×4 meffert, 5×5 – 6×6 v-cube. Sayangnya kekurangan dana karena dana tersedot kepada anak yang masih batita. Untuk koleksi saya mempunyai cukup banyak rubiks. Juga saat ini hampir semua rubiks bisa saya solving kecuali crazy cube karena barangnya belum punya. Average saya untuk 3×3 adalah 50 second. Saya suka solving big cube dengan gaya free style yaitu gabungan metode reduction, K4, algoritma, sebagian PLL dan Blinfolded comutator Centre. Jadi tidak ada batasan cara apa yang digunakan asal solve. Oh ya ada tahu dimana beli CRC lubricants dan harganya berapa? Makasih.

  79. rizki

    gan,..
    gwe ksulitan nyari rubiks yg asli di cini,…
    rekor gw massi 1 30 detik,.pkek rubik biasa,..
    ne nope gw,..087890425028

    tolong y gan
    hubungi gw y

  80. main rubiks 20detikan bukan sesuatu yang mudah teman-teman… sy juga pertama belajar rubiks yang beginner method 2 menitan… kalo mau jadi speedcuber jangan terpaku kepada rumus…cari rumus yang artinya cari permainan dan cara kita sendiri menyelesaikan cube rubiks… sedikit mau berbagi ilmu… saya bermain dulu dengan 8 tahap untuk beginner method bisa disingkat dengan 5 tahap, pertama pembuatan cross, f2l versi sy sendiri, orientasi sisi atas 2x, permutasi terakhir… jadi ada 5 tahap karena rumus f2l, oll dan pll terlalu banyak jadinya saya singkat sendiri berdasar dari begginer method… tapi sebelumnya memang harus belajar yang namanya fingertrick, buat semudah mungkin cara belajarnya…tangan juga tidak usah terlalu cepat memutar cube yang penting kita dapat melihat bagian lain yang harus di eksekusi jadi kecepatan mata dalam melihat cube itu penting… setelahnya saya bisa sampai 30detikan angka yang cukup memuaskan bagi saya.

  81. bryant1993

    wuaduh…baru bisa 1 layer doank nui…baru newbie,,gmn donk biar isa nylesain semua layer…bingung gan..

  82. langga

    kalo aku sih belajar cuma 3 jam…..
    tapi ngembangin dari 1 menite ke 30 detik susah banget gan…….
    aku baru sampe ke f2l lagi belajar oll….
    tapi tu semu7a yang bikin asikk,,,,

  83. MheEa

    hmmmm…aq udah bisaa nyelesain rubik d’bwa 1 menit but pkee rmus awal trS pke rubik yg ori-x….
    send ke inbox aq donkk alogaritma yg F2L..
    PLEASEEEE….:)

  84. mas aku msih belum ngerty yang 2 look l itu gmana ya….? aku udah mahir main rubik cube tapi aku skarang mau nyari rumus yang cpat nya. .. . . ma”af nih jadi curhat

  85. Sayidah Pramitya

    master, emangnya ada ya rumus tercepat buat nyelesainnya ? kalo ada kasih tau ya master, soalnya saya baru permulaan..!! :)

  86. Skrng aq mlai ad pningktan nie 50 dtk djJa itupun msih pkai rubik 25rb-an gmna lw asli.a yach…
    Master pliizz donk ksih tw rmus cpat rubik3x3 yachh….’
    alx aq pngen jdii kya master…:D

  87. sianipar

    salam kenal mas virkill…
    aq pake metode CFOP sampai sekarang,rata2 waktu sloving aq 50 dtk-an,. (rekor tercepat aq sampai skarang 45 dtk)
    masih kehambat di bagian F2l..
    minta solusinya bwat memperlancar bagian F2L??
    aq sudah lumayan lancar untuk menggunakan fingertrik..hanya saja untuk mencari,mencocokan,dan memasang piece di bagian F2L cukup memakan waktu yang lama..
    terima kasih..mas!!

  88. hendri

    mas virkill .
    saya mau tanya ..
    saya sudah bisa menyelesaikan dengan catatan terbaik saya 1:45 ( hehehe masih newbie ) .. itu pun pake rumus dasar aja & cara dasar ..
    saya pengen bgt tuh selesai 30 detik’an / kurang dari 30 detik mas ..
    itu solusinya apa ya ..?
    atau ada rumus cepat yg lain ..?
    hingga bisa menyelesaikan hitungan detik saja, karna saya masih newbie, 1:45 detik .

  89. Farhan

    saya masih newbie keceptana saya yang
    3×3 1 menit 15 detik
    4×4 4 mnit 31 detik
    ada rumus yang cepetn dikit ga?
    kirim link nya ya!!!

  90. Arief hidayat

    kak saya bisa memainkan rubik 3x3x3 dengan waktu 56 detik! gimana sih cara meningkatkan speed slving nya??? ane pake rubik 40 rb an

    rencananya sih saya mau mebeli rubik ori,,, tapi saya tidak tau tempatnya!
    cari di mall ga ada, cari di toko mainan pun tak ada bahkan di warung pun tak ada??

    Please.. mohon pencerahannya….. THX.

  91. Johnc565

    Thank you, I have just been searching for info about this subject for a long time and yours is the greatest I’ve found out so far. However, what about the bottom line? Are you positive concerning the supply? dceededbgcfg

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s